Sabtu, Juni 15, 2024
BerandaDAERAH136 Desa di Sarolangun Sudah Miliki BUMDes

136 Desa di Sarolangun Sudah Miliki BUMDes

Kadis PMD Sarolangun Muliyadi, S.Sos saat diwawancarai

KABAR SAROLANGUN- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sarolangun mencatat hingga saat ini ada sebanyak 136 desa di Kabupaten Sarolangun sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal itu disampaikan Kadis PMD Sarolangun, Rabu (07/06/2023) saat dikonfirmasi awak media. Diketahui di Kabupaten Sarolangun ada 149 desa dari 11 kecamatan dan 13 desa belum dibentuk Bumdes.

Katanya, Bumdes di Sarolangun yang sudah berbadan hukum ada sebanyak 57 desa dan sisa nya sebanyak 79 pasif (tidak ada kegiatan).

” Ini menjadi PR kami juga, dan pembinaan terhadap desa yang sudah membentuk Bumdes namun tidak aktif,”katanya.

Menurut Muliyadi, aktifnya Bumdes tergantung potensi yang ada di desanya, di Sarolangun sendiri potensi nya bervariasi yang perlu dikembangkan.

“Potensi yang ada di Kabupaten Sarolangun yang belum dikembangkan, tapi mungkin Bumdes yang sudah terbentuk belum mengarah kesitu,”katanya.

Iapun berharap, mudahan-mudahan kepada Bumdes yang sudah dibentuk melaksanakan aktifitas sesuai dengan kondisi desa nya masing-masing. Sebab ia menilai, Bumdes yang sudah dibentuk namun tidak aktif dikarenakan keadaan sumber daya manusia (SDM) dan DPMD bisa memaklumi hal tersebut.

” Kedepannya, kata dia mudahan-mudahan PMD mencoba untuk melalukan pembinaan kepada Bumdes di Sarolangun,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU