Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHBKPSDM Sarolangun Sukses Gelar Pelatihan Coaching Dan Mentoring Bagi Pejabat Administrator Tahun...

BKPSDM Sarolangun Sukses Gelar Pelatihan Coaching Dan Mentoring Bagi Pejabat Administrator Tahun 2023

Kegiatan pelatihan coaching dan mendorong yang secara resmi dibuka oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Dr. Basseng, M.Ed secara daring, yang dihadiri Peltu Kepala BKPSDM Sarolangun H Adnan HS, SE, M.Kes

KABAR SAROLANGUN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun menggelarkan kegiatan Pelatihan Coaching dan Mentoring bagi Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Rabu (14/06/2023) di Shang Ratu Hotel Jambi

Kegiatan tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Dr. Basseng, M.Ed secara daring, yang dihadiri langsung Penjabat Kepala BKPSDM Sarolangun H Adnan HS, SE, M.Kes, yang dihadiri Sekretaris BKPSDM Sarolangun Akhyar Mubarok, S.Ag, M.Ap, Kabid Diklat Arif Sulistiyono, SE, para peserta pelatihan dari pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Peltu Kepala BKPSDM Sarolangun H Adnan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural Aparatur Sipil Negara (Pusbangkom TSK ASN) LAN Republik Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Bupati Sarolangun Nomor 46 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sarolangun.

” Kegiatan ini di laksanakan secara klasikal di Shang Ratu Hotel Jambi selama 4 hari dari tanggal 14 hingga tanggal 17 Juni dan diikuti oleh 20 orang peserta yg merupakan para Sekretaris Badan, Dinas dan Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Peltu Kepala BKPSDM Sarolangun H Adnan, Kabid Diklat Arif Sulistiyono serta para peserta kegiatan pelatihan coaching dan mendorong dari pejabat administrator di lingkungan Pemkab Sarolangun

Adnan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan visi birokrasi berkelas dunia ini menuntut peningkatan kapasitas SDM Aparatur/ASN agar dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Oleh karena itu, pengembangan kompetensi ASN perlu dilakukan dengan percepatan atau akselerasi agar hasilnya dapat dicapai dalam waktu sesingkat mungkin.

Selain itu, upaya program dan kegiatan pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Bidang pengembangan kompetensi aparatur masih belum mampu memenuhi kebutuhan akan pengembangan kompetensi minimal 20 jam pelajaran dalam setahun bagi semua pegawai negeri sipil di pemerintahan kabupaten
Sarolangun.

” Ketidakpenuhan hak pengembangan kompetensi ASN ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah biaya yang tinggi yang terkait dengan pengembangan kompetensi ASN. Maka perlu adanya memberikan coaching dan
mentoring kepada bawahan di lingkungan unit kerjanya,” katanya.

” Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Bidang Pengembangan kompetensi Aparatur BKPSDM Kabupaten Sarolangun m mengagendakan Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Coaching Mentoring di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun Tahun 2023,” kata dia menambahkan.

Selain itu, dalam mensukseskan kegiatan tersebut BKPSDM Sarolangun mendatangkan para narasumber yang kompeten yang merupakan tenaga ahli pengajar yang kompeten di bidangnya. Diantaranya, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi; dan Fasilitator Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, dengan materi yang disampaikan secara keseluruhan berisikan tentang teknis pelatihan coaching dan mentoring.

” Dalam rangka mencapai tujuan yang lebih besar dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, kami meyakini bahwa komitmen terus menerus terhadap pengembangan diri dan kolaborasi yang baik antara para ASN akan menjadi kunci keberhasilan. Dengan demikian,
diharapkan Pelatihan coaching dan mentoring ini dapat menjadi pijakan
yang solid untuk perbaikan dan kemajuan di masa depa n,” katanya.

Salah satu narasumber dalam memberikan kegiatan pelatihan coaching dan mentoring yang dilaksanakan BKPSDM Sarolangun

Dalam kegiatan tersebut, kegiatan pembelajaran di awali dengan materi ceramah kebijakan Coaching dan Mentoring oleh Deputi IV LAN RI Bapak Dr. Basseng, M.Ed dan materi overview program oleh Analis Kebijakan Madya Ibu Ria Veriani, S.IP., M.PA.

Pada hari kedua dan ketiga pembelajaran di lanjutkan oleh Widyaiswara Ahli Madya Ibu Merry Hasibuan, S.Pd., M.AP. Selanjutnya pada hari terakhir seluruh peserta mengikuti live Coaching di hadapan evaluator, pada sesi ini adalah ibu ria veriani dan ibu merry hasibuan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU