Dengan Optimasi Lahan Dapat Menambah 36 Ton Gabah Kering Produksi Padi

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius bersama Kadis TPHP Provinsi Jambi Ahmad Maushul meninjau saluran irigasi air dari embung Tobek desa bukti untuk perbaikan optimasi lahan

KABAR SAROLANGUN – Komandan Kodim (Dandim) 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius melakukan kunjungan kerja ke lokasi proyek  pembangunan perbaikan infratruktur optimasi lahan pada embung Tobek Desa Bukit, Kecamatan Pelawan, Rabu (02/11/2022) siang.

Kunjungan tersebut juga dilakukan bersama Kadis TPHP Provinsi Jambi Ir Ahmad Maushul, Danramil 02-420/M.Limun Kapten Inf Zul Abdullah, Danramil 04-420/Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, Pasi OPS Kodim 0420/Sarko Lettu INF Hengki, Pasiter Kodim 0420/Sarko Lettu ARH Andri, Kabid Sarpras Dinas TPHP Sarolangun Ade Irawan, S.Pt, Para Babinsa dan Para petani sawah setempat.

Dandim 0420/Sakro Letkol Inf Amaraldo Cornelius mengatakan bahwa proyek perbaikan infrastruktur optimasi lahan ini merupakan kerja sama antara Kementrian Pertanian (Kementan) RI dengan Mabes TNI, dalam rangka memaksimalkan kondisi rawa-rawa untuk pengairan padi sawah bagi masyarakat petani.

Di Kabupaten Sarolangun, kata Dandim, ada 200 hektar lahan sawah yang menjadi lokasi proyek optimasi lahan tersebut, yakni di Desa Bukit dan Desa Pasar Pelawan.

“Saat ini yang kita tinjau ini berada di Desa Bukit, tepatnya di Embung Tobek desa bukti yang merupakan rawa yang airnya sangat banyak. Proyek optimasi lahan rawa, di Sarolangun ini kita ada 200 hektar terbagi dua tempat, pertama di desa bukit dan kedua di desa pasar pelawan,” katanya, kepada awak media.

Dandim juga menambahkan bahwa tentu kedatangannya bersama Kadis TPHP Provinsi Jambi ini dalam rangka melihat langsung sejauh mana progres dan perkembangan pekerjaan pembangunan perbaikan infrastrukur optimasi lahan tersebut yang sudah terlaksana.

Dandim 0420/Sakro, Kadis TPHP Provinsi Jambi saat berbincang dengan petani setempat

Karena proyek ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun anggaran 2022.

” Kami selaku pelaksana dibawah ini, ditemani kawan-kawan dari distan selalu supervisi tekhnisnya. Khusus di desa bukit ini sudah mencapai 90 persen dari pada pekerjaan fisiknya, tinggal beberapa perbaikan sedikit lagi sudah hampir 100 persen,” katanya

Sedangkan Di Desa Pasar Pelawan, lanjut Dandim, bahwa proyek optimasi lahan rawa ini dengan tujuan mengeringkan rawa yang ada di lahan sawah, dengan membuat jaringan irigasi sehingga air dari rawa ini bisa dialirkan ke areal persawahan masyarakat setempat.

” Rawa dikeringkan, sehingga yang dikeringkan ini juga dapat ditanami, karena perbedaan jenjang masa tanam sehingga belum bisa tahun ini ditanami. Tapi tahun depan apabila ditanam, pengakuan dari anggota Poktan bukit pelawan ini bahwa bisa menghasilkan 36 ton tambahan gabah kering padi yang bisa dihasilkan,” katanya.

Dalam perbaikan infrastruktur optimasi lahan ini terdapat pembangunan saluran air dari embung Tobek Desa Bukit dan pembangunan tiga pintu air, yakni pintu air 1, pintu air 2 dan pintu air 3. Di sekitar embung tersebut ada areal persawahan seluas lebih kurang 100 hektar yang tentunya sangat potensi untuk dapat dimaksimalkan indeks pertanian bagi petani dengan keberadaan embung air ini.

” Kita harapkan agar kedepan para kelompok tani terus dapat meningkatkan produksi padi dalam mewujudkan program swasembada beras,” katanya.

Usai meninjau proyek tersebut, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius beserta rombongan juga menyempatkan untuk mengunjungi Markas Kompi Senapan A Sarolangun yang ada di Kecamatan Pelawan.

Penulis : A.R Wahid Harahap