Mahasiwa yang berunjuk rasa saat memberikan setangkai bunga kepada Kapolres Sarolangun yang humanis dalam mengawal aksi UNRAS

KABAR SAROLANGUN –Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik mendapat apresiasi dari mahasiswa atas tindakannya yang turun langsung mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa STAI Darul ‘Ulum Sarolangun dengan cara humanis.

Menanggapi hal itu, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik dalam keterangannya, Rabu (07/09/2022) mengatakan aksi demonstrasi dalam menyampaikan aspirasi ataupun pendapat memang telah diatur dalam undang-undang Nomor 09 Tahun 1997 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Namun meski begitu, tetap harus mengedepankan aksi yang aman, tertib dan profesional serta tidak dengan cara yang anarkis

“Saya mengapresiasi aksi rekan rekan mahasiswa STAI Darul Ulum Sarolangun pada hari ini dalam menyampaikan aspirasinya berjalan dengan aman, tertib dan kondusif. Upaya persuasif dikedepankan dalam mengawal dan mengamankan kegiatan tersebut,” katanya.

Dalam pengamanan aksi demo yang humanis dari aparat keamanan itu, juga turun langsung Wakapolres Sarolangun Kompol Sandy Mutaqqin, Sik, MH yang secara spontan membagikan air mineral dan makanan kepada massa dari aliansi mahasiswa yang berunjuk rasa di Kantor Bupati Sarolangun.

Diakhir aksi unjuk rasa, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik, menerima setangkai bunga yang ia terima dari mahasiswa. Hal itu merupakan simbol kebersamaan dan kekompakan Polri bersama seluruh masyarakat untuk bekerja sama mewujudkan Sarolangun yang aman, damai, dan kondusif.

“Silakan sampaikan aspirasi namun tetap patuhi protokol kesehatan dan menjaga kondusivitas Kabupaten Sarolangun yang kita cintai ini,”katanya.

Kapolres Sarolangun dan ketua DPRD Sarolangun poto bersama dengan mahasiswa

Aksi Polres Sarolangun dalam mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa dari perguruan tinggi STAI Darul Ulum Sarolangun, tampak Kapolres Sarolangun dibantu beberapa personel mulai dari keberangkatan dari Kampus STAI Darul Ulum Sarolangun dikawal oleh Sat Lantas hingga aksi Wakapolres Kompol Sandy Mutaqqin, Sik, MH membagikan air mineral dan diakhir aksi tersebut, mahasiswa membalas dengan menyerahkan setangkai bunga kepada Kapolres Sarolangun di tengah aksi menuntut pembangunan Kampus STAI Darul Ulum Sarolangun.

Dalam rangkaian aksi demo tersebut terdapat narasi Polri siap mengawal dan bersinergi dengan mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita bangsa serta pengamanan dilakukan secara humanis yang dipimpin Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik

Penulis : A.R Wahid Harahap