Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHDeklarasi Damai Cakades Pilkades Serentak Se-Kecamatan Sarolangun Berlangsung Sukses

Deklarasi Damai Cakades Pilkades Serentak Se-Kecamatan Sarolangun Berlangsung Sukses

Camat Sarolangun Bustra Desman, Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno serta jajaran Forum Komunikasi Kecamatan Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kecamatan Sarolangun menggelar pernyataan ikrar Deklarasi Damai Calon Kepala Desa pada Pilkades serentak gelombang I Tahun 2022 se-Kecamatan Sarolangun, Selasa (11/10/2022) di aula Kantor Camat Sarolangun.

Deklarasi damai tersebut dipimpin langsung Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM yang berlangsung dengan sukses.

Deklarasi damai ini diikuti sebanyak 8 orang Calon Kepala Desa yakni Calon Kepala Desa Bernai, Calon Kepala Desa Panti dan Calon Kepala Desa Sungai Baung.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno, SH, MH, Danramil 04-420 Sarolangun Mayor Abdul Aziz diwakili Situmorang, Kepala Kantor KUA Kec. Sarolangun M Darwis, S.HI, Sekretaris Camat Sarolangun Dedi Kurniawan, SE, Para Penjabat Kepala Desa, Para penyelenggara PPS dan KPPS masing-masing desa, Para Ketua BPD beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Para Calon Kepala Desa mengucapkan ikrar Deklarasi damai Pilkades serentak berupa diantaranya (1) Siap melaksanakan Pilkades serentak yang aman, damai dan transparan. (2) Siap Bekerja sama dengan aparat polri dan TNI untuk menjaga situasi agar tetap kondusif, aman dan damai. (3) Siap menerima segala keputusan panitia yang ditetapkan dan tidak akan melakukan tuntutan di kemudian hari.

Para Cakades membacakan ikrar Deklarasi damai Pilkades serentak

Kemudian yang ke-(4) Siap untuk terpilih dan tidak terpilih pada Pilkades serentak. (5) Siap jika nanti terpilih menjadi Kepala desa akan mendukung program pemerintah dan aktif menjaga harkamtibmas dan tidak terlibat dalam kegiatan illegal. (6) Siap tidak akan melakukan money politik. (7) Siap mentaati protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkades serentak, dan (8) Siap diambil tindakan sesuai hukum yang berlaku bila tidak mentaati pernyataan ini.

Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno mengatakan bahwa ikrar Deklarasi damai Pilkades serentak yang telah disampaikan oleh para calon kepala desa agar benar-benar dilaksanakan baik calon kepala desa sendiri maupun masyarakat pendukungnya, sehingga kedepan pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar.

“Kami siap menjalankan pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak, maka dari itu kami TNI/Polri untuk sama-sama kita bekerja sama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkades serentak. Ketika nanti tahapan kampanye itu agar menyampaikan kebaikan calon kepala desa tapi jangan memburuk-burukkan calon kades yang lain,” katanya.

Camat Sarolangun Bustra Desman Menandatangani Ikrar deklarasi damai Pilkades serentak

Sementara itu, Camat Sarolangun Bustra Desman mengatakan pada Pilkades serentak tahun 2022 ini, di Kecamatan Sarolangun ada empat desa yang melaksanakan Pilkades, namun karena satu desa ada persoalan yang belum diputuskan sehingga baru tiga desa yang melaksanakan ikrar Deklarasi damai Pilkades serentak ini.

“Kita melaksanakan Pilkades tahun ini, kecamatan sarolangun ada empat desa dan hari ini yang di deklarasikan ada tiga desa. Tahapan pelaksanaan Pilkades serentak kita mengacu terhadap Peraturan Bupati Sarolangun Nomor 29 Tahun 2022 tentang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022,” katanya.

Camat juga berpesan kepada para calon kepala desa untuk menyampaikan kepada masyarakat ataupun pendukungnya, agar jangan sampai dalam pelaksanaan tahapan Pilkades serentak ini melakukan tindakan anarkis, ataupun melakukan black compaign atau kampanye hitam sehingga memunculkan masalah di tengah masyarakat.

“Saya mengapresiasi PPS yang sudah menjalankan tahapan Pilkades serentak ini yang sudah bekerja siang malam, dan menyelesaikan persoalan. Maka, saya harapkan tetap konsisten dan jangan takut dengan tantangan, dan jaga netralitas yang tinggi. Bagi seluruh Cakades, ingat pernyataan sikap deklarasi damai yang sudah diucapkan ini, jaga komitmen itu. Dan saya harapkan kepada para calon, bila nantinya diamanahkan agar betul-betul menjalankan amanah itu dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Salah satu Cakades menandatangani ikrar Deklarasi damai pilkades

Dalam kegiatan tersebut, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, Kapolsek Sarolangun dan Danramil Sarolangun atau yang mewalili serta seluruh Calon Kepala Desa menandatangani berita acara pernyataan ikrar Deklarasi damai Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU