Kamis, Juni 13, 2024
BerandaDAERAHDi Kecamatan Mandiangin Pasutri Ditetapkan Calon Kades, Ternyata Ini Desanya

Di Kecamatan Mandiangin Pasutri Ditetapkan Calon Kades, Ternyata Ini Desanya

 

Camat Mandiangin Harris Faidillah saat diwawancarai

KABAR SAROLANGUN –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Di Kecamatan Mandiangin pada tahun 2022 ini diikuti sebanyak lima desa, yakni Desa Mandiangin Tuo, Desa Gurun Mudo, Desa Simpang Kertopati, Desa Pemusiran dan Desa Taman Dewa.

Camat Mandiangin Harris Faidhillah, mengatakan hingga saat ini tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak di wilayahnya berjalan dengan baik dan lancar.

Terakhir pada penetapan calon kepala desa (Cakades), bahwa diketahui ada 17 Cakades yang akan bertarung. Yakni Lima Orang Cakades di Desa Gurun Mudo, Lima orang Cakades di Desa Pemusiran, Tiga orang Cakades di Desa Taman Dewan, Dua orang Cakades di Desa Mandiangin Tuo dan Dua orang Cakades di Desa Simpang Kertopati.

“Tentunya kami di kecamatan Mandiangin ada lima desa yang melaksanakan Pilkades serentak tahun ini, dan secara keseluruhan, permasalahan tidak ada dalam tahapan Pilkades,” katanya, Rabu (28/09/2022) kepada media ini saat diwawancarai.

Ketika ditanya, dari belasan calon kepala desa yang telah ditetapkan oleh panitia PPS di tingkat desa, apakah memang ada Cakades yang merupakan pasangan suami istri.

Harris Faidillah mengatakan bahwa memang ada dua desa di Kecamatan Mandiangin yang Cakadesnya merupakan pasangan suami istri. Yakni di Desa Mandiangin Tuo dan Desa Simpang Kertopati, masing-masing desa ditetapkan hanya ada dua calon kepala desa.

“Suami istri ada yang mencalonkan diri, yakni di Desa Mandiangin Tuo dan Desa Simpang Kertopati. Sampai pendaftaran terakhir tidak ada sehingga istrinya mencalonkan diri, itu dari Incumben semuanya,” katanya.

Meskipun begitu, lanjut Camat Mandiangin ini bahwa secara aturan dalam peraturan Bupati tentang Pilkades serentak ini memang tidak ada larangan jika para calon kepala desa merupakan suami istri sehingga tidak menjadi persoalan. Dan yang tidak boleh dalam aturan itu jika calon kepala desa tunggal karena minimal calon hanya dua dan maksimalnya sebanyak lima orang.

“Asalkan memenuhi syarat kan tidak ada larangan, sah-sah saja. Dan kita berharap Pilkades di kecamatan Mandiangin ini dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar serta kondusif,” katanya.

Penulis : A. R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU