Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHDinas LHD Sarolangun Gelar Konsultasi Publik I KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Tahun...

Dinas LHD Sarolangun Gelar Konsultasi Publik I KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Tahun 2023-2043

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, ME

KABAR SAROLANGUN – Dinas Lingkungan Hidup Daerah (LHD) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Konsultasi Publik I Kajian Lingkungan Hidup Srartegis Rencana Detil Tata Ruang (KLHS RDTR) Kawasan Perkotaan Sarolangun Kabupaten Sarolangun tahun 2023-2043, Selasa (10/10/2023) di ruang aula Dinas LHD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, yang dihadiri Kepala Dinas LHD Sarolangun Kurniawan, ST, ME, Tenaga Ahli Penyusunan KLHS Saidi Ilham, ST, MT, dan Dr Ir Muhammad Zuhdi, M.Sc dari akademisi Kampus UNJA.

Selain itu hadir juga puluhan peserta lainnya yang terdiri dari OPD teknis terkait, Camat Sarolangun, Para Lurah dalam Kecamatan Sarolangun, Tokoh Masyarakat, LSM Pemerhati Lingkungan dan tim Pokja KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Sarolangun.

Dalam sambutannya, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut didasarkan atas amanat Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Pemerintah Daerah wajib menyusun KLHS utuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah.

” Rencana kebijakan yang selanjutnya wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah Dalam menyusun dan evaluasi perencanaan wilayah salah satunya rencana tata ruang wilayah. Kemudian ini juga amanat Permen LHK Nomor 69 Tahun 2017 tentang penyusunan KLHS,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, Lanjut Kurniawan, bahwa memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh rumusan kebijakan dan rencana program pembangunan terhadap lingkungan hidup, dan mengintegrasikan temuan-temuan proses pelaksanaan KLHS untuk memperbaiki rumusan kebijakan rencana maupun dalam program rencana detil kawasan perkotaan Sarolangun.

” Peserta kegiatan diikuti sebanyak 50 orang, terdiri dari OPD teknis terkait, camat, seluruh lurah dalam kecamatan sarolangun, tokoh masyarakat, tim Pokja KLHS RDTS kawasan perkotaan Sarolangun, LSM pemerhati lingkungan dan tenaga ahli,” katanya.

Peserta kegiatan konsultasi publik I KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Sarolangun

Dalam kegiatan tersebut, Tenaga Ahli juga melakukan pemaparan dalam penyusunan KLHS RDTR Kawasan Perkotaan Sarolangun Kabupaten Sarolangun tahun 2023-2043 yang berjalan dengan tertib dan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments