Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHDinas LHD Sarolangun Gelar Sosialisasi Rencana Pembangunan Taman KEHATI Batu Batumam

Dinas LHD Sarolangun Gelar Sosialisasi Rencana Pembangunan Taman KEHATI Batu Batumam

Kabid Penaatan Lingkungan M Amin Faisal saat membuka kegiatan sosialisasi

KABAR SAROLANGUN – Dinas Lingkungan Hidup Daerah (LHD) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan sosialisasi rencana pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI) Batu Batumam Desa Baru Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Kamis (23/11/2023) sore di aula dinas LHD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST diwakili Kabid Penataan Dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup M. Amin Faisal, S.HI yang berlangsung dengan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Kabid Tata Lingkungan Eis Wahyuningsih, S.KM, Camat Air Hitam Herjoni Edison, para Nara sumber Lindawati, S.Pt, M.Si dari Dinas LH Provinsi Jambi via zoom meeting, Kabid Sarpras Bappeda Sarolangun Bahder Johan, ST, Kabid Hortikultura Dinas TPHP Sarolangun Tata, Kabid Pariwisata Ita Safitri serta peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya, Kabid Penaatan Lingkungan Hidup M Amin Faisal mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan didasarkan atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Permen LH Nomor 29 Tahun 2009 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati di daerah serta Permen LH Nomor 03 Tahun 2012 tentang Keanekaragaman Hayati.

” Taman Keanekaragaman Hayati adalah area konservasi yang dirancang khusus untuk melindungi beragam kehidupan alam, mulai dari flora dan fauna hingga ekosistem yang kompleks,” katanya.

M. Amin Faisal juga menjelaskan bahwa taman keanekaragaman hayati ini juga memberikan manfaat yang banyak, ada pula tujuan dari pembangunan taman kehati di antaranya menjadi sarana pembelajaran dan pemberdayaan bagi masyarakat.

Taman Kehati juga bertujuan sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi, menjadi wahana wisata, sebagai wahana pendidikan yang dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran lingkungan bagi masyarakat

” Taman Kehati juga untuk lingkungan sangat besar karena dapat menjaga kelestarian keanekaragaman hayati jenis lokal. Khususnya Kehati yang semakin langka dan terancam,” katanya.

Para Nara sumber saat memberikan materi sosialisasi rencana pembangunan Taman KEHATI Baru Batumam

Disamping itu, dengan keanekaragaman Hayati juga dapat menjadi habitat atau rumah satwa yang terdesak oleh industri dan pemukiman Tidak hanya bagi masyarakat dan lingkungan Taman Kehati juga bisa berdampak baik bagi pihak swasta, pemerintah pusat dan daerah dimana taman kehati tersebut dibangun.

” Semoga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan dan secara resmi sosialisasi rencana pembangunan taman KEHATI Batu Batumam Desa Baru Kecamatan Air Hitam resmi dibuka dan saya berharap agar para Nara sumbe memberikan materi yang tepat untuk dapat direalisasikan nantinya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan Nara sumber dan pembahasan bersama terkait rencana pembangunan taman KEHATI Batu Batumam Desa Baru, kecamatan Air Hitam.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments