Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHDPAD Sarolangun Dirikan POCADI Di Disdukcapil, Masyarakat Bisa Baca Buku Sambil Ngurus...

DPAD Sarolangun Dirikan POCADI Di Disdukcapil, Masyarakat Bisa Baca Buku Sambil Ngurus Adminduk

 

Kepala DPAD Sarolangun Ali Amri bersama Kadis Dukcapil Riduan saat memperlihatkan dokumen kerja sama program POCADI

KABAR SAROLANGUN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun tahun 2022 ini menerima bantuan program Pojok Baca Digital (POCADI) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Bantuan tersebut berupa peralatan lengkap dan fasilitas internet untuk menunjang pojok baca digital bagi masyarakat Sarolangun.

Kepala DPAD Sarolangun Ali Amri, SE mengatakan bahwa untuk saat ini Program POCADI ini baru tahun ini Perpustakaan Nasional mengabulkan pengajuan program tersebut untuk ada di Sarolangun.

” Alhamdulillah tahun kedua bantuan pocadi ini berhasil, artinya peluang seperti ini kami kejar disamping gedung kita dibantu, apalagi tambahan yang lain. Perpustakaan nasional ada program pocadi maka kita respon dengan baik untuk sarolangun dapat bantuan itu,” katanya, Selasa (27/12/2022) dalam kegiatan serah terima kerja sama program pocadi di Dinas Dukcapil Sarolangun.

Ali Amri menjelaskan bahwa program POCADI ini memang dilakukan untuk tempat layanan umum masyarakat, di Kabupaten Sarolangun sendiri lebih pasnya ada di Kantor Dinas Dukcapil Sarolangun.

Maka diharapkan kedepan pocadi ini betul-betul menyentuh kepada pengunjung di kantor dukcapil sarolangun, yang tadinya mengurus administrasi kependudukan sekaligus bisa memanfaatkan pojok baca ini sebagai pusat informasi.

” Dengan membaca, masyarakat kita bisa menambah literasinya, pengetahuan dan ujungnya paling tidak punya inovasi bagi masyarakat itu sendiri,” katanya.

Dalam program POCADI ini, dinas DPAD Sarolangun mendapatkan bantuan 350 judul buku mulai dari buku anak-anak, buku wirausaha, ekonomi hingga perkebunan dan pertanian.

Selain itu, ada juga bantuan peralatan 4 unit komputer dan jaringan, rak buku, televisi hingga tempat duduk bagi masyarakat pengunjung.

” Untuk pocadi hanya di dinas dukcapil saja, kalau perkembangan secara nasional itu sangat terbatas pengadaannya, ini sangat membantu sekali dan bisa juga melalui apbd nanti. Sebagai pemancing dari pada perkembangan lainnya, bantuan langsung paket barang dari pusat,” katanya.

Kepala DPAD Ali Amri, Kadis Dukcapil Riduan memantau langsung pelaksanaan program pocadi yang langsung dimanfaatkan masyarakat Sarolangun 

Sementara itu, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Sarolangun dan DPAD Sarolangun, serta Perpustakaan Nasional yang telah memberikan bantuan program POCADI ini di kantor Dinas Dukcapil Sarolangun.

Menurutnya, program POCADI ini bisa dikatakan bahwa Dinas Dukcapil Sarolangun menjadi satu-satunya dinas dukcapil di Provinsi Jambi yang mendapatkan bantuan program ini.

” POCADI ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat, dimana sambil menunggu pelayanan administrasi mereka bisa memanfaatkan waktu mereka bisa membaca buku yang ada di sini dan dapat mengakses informasi melalui komputer yang telah di sediakan dalam pocadi ini,” katanya.

Ia berharap kedepan bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat serta dapat menjaga aset ini dengan baik, sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan serta literasi membaca bagi masyarakat.

” Masyarakat silahkan manfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya tapi tolong sama-sama kita menjaga dengan merawat sebaik mungkin. Kedepan kami akan menugaskan staf khusus untuk mengelola aset pemerintah ini,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala DPAD Sarolangun Ali Amri menyerahkan dokumen kerja sama program POCADI kepada Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, serta memantau langsung kesiapan pelaksanaan program POCADI tersebut.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments