Gubernur Jambi Alharis Jalan Kaki Kelilingi Hutan Kota Sarolangun

0
Gubernur Jambi Alharis saat berjalan kaki di hutan kota Sarolangun di sepanjang jalan setapak hutan kota Sarolangun yang mendaki dan menurun

 

Gubernur Jambi Alharis saat berjalan kaki di hutan kota Sarolangun di sepanjang jalan setapak hutan kota Sarolangun yang mendaki dan menurun

KABAR SAROLANGUN – Dalam momentum peringatan HUT Kabupaten Sarolangun ke-23 tahun 2022, Gubernur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH melakukan kunjungan ke hutan kota Sarolangun, yang ada di komplek perkantoran Bupati Sarolangun, Selasa (25/10/2022) siang.

Gubernur tampak didampingi Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, Staf Ahli Bupati Sarolangun H Adnan, M.Kes, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun dan jajaran dinas LHD Sarolangun.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jambi AlHaris dengan penuh semangat melihat langsung keindahan dan kesejukan hutan kota Sarolangun dengan berjalan kaki mengelilingi hutan kota yang dimulai dari Depan Kantor Dinas DP3A Sarolangun serta diakhiri di depan Kantor BKPSDM Kabupaten Sarolangun.

Saat ini di dalam hutan kota Sarolangun sudah dengan luas 9,8 Hektar ini telah dibangun jalan setapak di sepanjang hutan kota, tempat berswafoto, jembatan besi, pondok tempat berkumpul, sehingga siapapun yang akan berkunjung akan merasakan sensasi hutan yang penuh dengan kicauan burung-burung, hingga pemandangan pepohonan dengan beragam jenis pohon.

Gubernur Jambi Alharis, mengaku sangat bangga dengan pengelolaan hutan kota Sarolangun ini yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, dengan direncanakan akan menjadi wisata edukasi bagi para pelajar di Sarolangun khususnya dan umumnya di Provinsi Jambi.

“Kita tentu akan merespon baik ya, dengan pemanfaatan hutan kota seperti ini. Kita lihat ini sudah dikelola dengan baik,” katanya.

Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Henrizal, Kadis LHD Kurniawan saat menyeberangi jembatan besi yang ada di kawasan hutan kota Sarolangun

Sementara itu, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, mengatakan bahwa Kawasan hutan kota Sarolangun ini bakal dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi bagi para pelajar dan generasi muda serta lapisan masyarakat Sarolangun untuk mengenali ekosistem hutan dan jenis pepohonan. “Dari awal memang kita rencanakan untuk kawasan Wisata edukasi bagi para generasi muda kita, pelajar ataupun masyarakat pada umumnya,” katanya.

Selain itu, Kurniawan juga menjelaskan bahwa dalam pengembangan kawasan hutan kota ini, pihaknya sudah menambah bangunan gazebo serta pembuatan jembatan dari besi-besi serta akses jalan setapak yang aman bagi setiap pengunjung.

“Untuk perawatan hutan kota Sarolangun ini, pihaknya juga secara rutin melakukan pembersihan bersama Petugas Harian Lepas (PHL) yang ada di Dinas LHD Sarolangun,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jambi AlHaris juga memberikan bingkisan kepada para pekerja harian lepas yang selalu siap dalam membersihkan dan merawat hutan kota Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap