Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHH-2 Lebaran Idul Adha 1445 H, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sidak...

H-2 Lebaran Idul Adha 1445 H, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sidak Ke Pasar Atas Sarolangun

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran saat mengecek harga daging di pasar atas Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Menjelang hari raya idul adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi tepatnya H-2, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc beserta jajaran forkopimda melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Atas Sarolangun, Sabtu (15/06/2024) pagi.

Sidak tersebut dalam rangka mengecek ketersediaan bahan pokok makanan serta harga sembako dalam menghadapi lebaran haji tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plh Sekda Sarolangun. Ir Dedy Hendry, M.Si, Kodim 0420/Sarko, Kejari Sarolangun, Asisten II Setda Sarolangun Deshendri, SH, Kepala Inspektorat Sarolangun Henriman, S.Sos, Kadis Perindagkop Sarolangun Drs Muslihadi, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus.

Selain itu hadir juga Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, Kadisnakan Sarolangun Dulmuin, SP, Kabag Ekonomi Dan SDA Davidman, Kepala UPTD Pasar Sarolangun Herman, serta sejumlah tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sarolangun.

Dari pantauan dilapangan, tampak Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran melakukan pengecekan ketersedian pangan yang diperjual belikan oleh para pedagang, serta menanyakan langsung kondisi harga sembako.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memantau harga cabe merah

” Pada hari ini, dimana dua hari menjelang idul adha kami Pemda bersama forkopimda beserta OPD melakukan sidak ke pasar atas untuk melihat harga komoditas pangan khususnya yang dibutuhkan saat lebaran idul adha 1445 Hijriyah,” kata Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri kepada awak media.

Dijelaskan Bachril Bakri, dari pemantauan yang dilakukan harga sembako terpantau relatif stabil menjelang lebaran idul adha, hanya saja jenis sembako yang mengalami kenaikan yakni Cabe Merah, yang saat ini di pasar atas Sarolangun dengan harga Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu perkilogramnya.

” Saya sudah berkomunikasi dan bertanya tanya ke pedagang bahwa harga stabil cuman ada satu pangan yang menonjol yakni harga cabe merah, sedikit naik dan kemarin dimana harganya sekarang mencapai Rp 70 ribu perkg,” katanya.

Poto bersama

Menurutnya, kenaikan harga cabe merah ini memang sudah lumrah terjadi ketika memasuki hari raya karena kebutuhan cabe merah mengalami peningkatan drastis di saat lebaran sehingga berpengaruh terhadap Indeks Perubahan Harga (IPH).

” Untuk lain seperti beras, telur, minyak, ayam, daging, semua stabil dan terkontrol jadi bisa dikendalikan dan Alhamdulillah saya rasa untuk lebaran haji seluruh kebutuhan pangan bisa dipenuhi dan harga bisa dikendalikan kecuali khusus harga cabe,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU