Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua PMI Sarolangun Tontawi Jauhari dan segenap forkompinda yang hadirb

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, menghadiri apel peringatan Hari Ulang Tahu. (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-78 Tahun 2023, Minggu (19/11/2023) di lapangan gunung kembang komplek perkantoran Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut Djuga dibarengi dengan kegiatan Lomba Persahabatan dengan Tema HUT PMI Ke-78  “menolong Sepenuh Hati”. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PMI Sarolangun yang juga Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.PD, Anggota DPRD Sarolangun H Hurmin, SE, Fadlan Kholik, SE, ME.Sy, Kasat Pol PP Drs M Idrus, Kakan Kesbangpol Hudri, M.Pd.I.

Selain itu, hadir juga Kabag Pemerintahan Deni Subhan, S.STP, Kapolsek Sarolangun diwakili Wakapolsek Sarolangun IPDA Andhika Adjie BC, S.Tr.K, Danramil 420-03 Pauh Kapten Inf Husnan Effendi, Si Dokkes Res Sarolangun Aipda Firman, SKM, Pengurus PMI Sarolangun, Para Relawan PMI Sarolangun, ratusan Siswa SMA/SMK/SMP sederajat.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa keberadaan PMI hingga saat ini telah berperan dan tetap berkarat untuk bangsa dan negara, khususnya di Kabupaten Sarolangun.

Ia melihat peran PMI Di Sarolangun luar biasa dibawah kepemimpinan Tontawi Jauhari, yang merupakan ketua DPRD sarolangun itu, sebab PMI saat ini sangat aktif dalam melaksanakan seluruh kegiatan sosial.

” Dan sangat menggetarkan itu ada kebakaran hutan yang peran andil PMI juga ikut kegiatan kebencanaan kebakaran hutan dan lahan, dan yang kita tahu PMI masalah transfusi darah, sifatnya kemanusiaan dan kepalang merahan, dan di sarolangun andil dalam kebakaran hutan berupa kebencanaan dalam partisipasi, dan saya pikir ketua luar biasa mendorong stafnya untuk membantu kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Bachril Bakri juga mengatakan sesuai dengan tema HUT PMI Ke-78 tahun 2023 dengan tema menolong sepenuh hati, diharapkan kepada seluruh pengurus dan relawan PMI untuk menanamkan keikhlasan dalam membantu sesama manusia dan melaksanakan program kegiatan tanpa mengharapkan apapun.

” Adik-adik semua relawan PMI supaya menanamkan tema ulang tahun ini sesuai untuk menggugah jiwa untuk peduli terhadap kemanusiaan, membangun kesadaran akan pentingnya mengatasi perubahan iklim,” katanya.

Terkait dalam mengatasi perubahan iklim, PMI telah ikut andil dalam melaksanakan berbagai kegiatan, dimana saat ini terjadinya kerusakan alam, kerusakan hutan berdampak terhadap perubahan iklim dan meningkatnya suhu, dan ada Elnino yang berdampak terhadap kekeringan dikarenakan perubahan alam, perubahan iklim, dan suhu panas, permukaan air laut naik,

” Yang bisa mengganggu kehidupan, PMI berperan sangat penting disini, kalau kita lihat arahnya ke perubahan iklim. Sudah banyak kegiatan yang dilakukan PMI, untuk mengendalikan perubahan iklim, berupa ikut kegiatan penanaman pohon, mengurangi polusi dan meminimalisasi penggunaan bahan dari plastik dan penggunaan air seperlunya,  dan perubahan iklim dapat kita tekan,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pelantikan Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis PMI), Pemotongan Tumpeng, Pemberian bantuan sosial, penyerahan sembako dan dilanjutkan dengan kegiatan lomba persahabatan dalam memeriahkan HUT PMI ke-78 tahun 2023 yang berlangsung dengan sukses.

Penulis : A.R Wahid Harahap