Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHHadiri Penutupan TMMD Ke-116, Tontawi Jauhari Apresiasi TNI Bisa Maksimal Dalam Pembangunan...

Hadiri Penutupan TMMD Ke-116, Tontawi Jauhari Apresiasi TNI Bisa Maksimal Dalam Pembangunan Desa Hanya 1,2 Miliar

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, PJ Bupati Bachril Bakri, Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy saat melihat akses transportasi jalan yang dibangun dalam kegiatan TMMD

KABAR SAROLANGUN – Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE menghadiri kegiatan penutupan operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) regional Ke-116 tahun anggaran 2023, Kamis (08/06/2023) di lapangan sepakbola Desa Bukit Peranginan, Kecamatan Mandiangin.

Kegiatan TMMD ini ditutup oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjend TNI Hilman Hadi, S.IP, M.Han yang diwakili Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy, S.IP yang berlangsung dengan sukses.

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kasrem 420/Gapu Jambi Kol. Inf Ali Aminudin, SE, M.M, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Danden Pom Letkol Cpm Anwar Burhan, jajaran forkompinda Sarolangun, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, Camat Mandiangin Harris Faidiillah, Kades Bukit Peranginan Ida Ziana, Personil TNI, Polri, Personil Brimob, Personil Satpol PP, Personil Dinkes, Personil Dishub dan Masyarakat mandiangin.

Dari pelaksanaan kegiatan TMMD yang berlangsung selama satu bulan dari 10 Mei 2023 s.d 08 Juni 2023, telah berhasil dengan persentase 100 persen untuk mencapai sasaran target baik fisik maupun non fisik.

Berdasarkan data yang dihimpun, pencapaian tersebut berupa pembukaan jalan 3,2 Kilo meter mencapai selesai 100 persen, pembukaan dan pengerasan jalan 800 Meter selesai 100 persen menuju perbatasan Kabupaten Batanghari, pembangunan mck 1 unit selesai 100 persen.

Sasaran fisik lainnya berupa pembangunan pos kamling 1 unit juga selesai 100 persen, pembangunan tugu TMMD 1 unit selesai 100 persen, Renovasi RTLH 2 unit selesai 100 persen, sumur bor 1 unit dan renovasi mesjid selesai 100 persen

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari memberikan bantuan Bakti sosial kepada masyarakat

Sasaran non fisik, meliputi berbagai kegiatan penyuluhan berupa wawasan kebangsaan, Kamtibmas, konservasi alam, ketahanan pangan, posyandu, penyuluhan stunting, Penyuluhan perikanan dan peternakan, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan serta penyuluhan agama yang mencapai angka 100 persen selesai.

Atas kondisi itu, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, pun memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasil TNI Manunggal Membangun Desa, khususnya di Desa Bukit Peranginan, dalam membuka akses jalan baru menuju Kabupaten Batanghari.

Secara keseluruhan, kata Tontawi Jauhari, dari anggaran operasi TMMD yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Sarolangun hanya sebesar Rp 1,2 Miliar, namun bisa membangun jalan sepanjang 4 Kilo Meter, Membangun Renovasi mesjid, membangun Rumah Tak Layak Huni, Membangun MCK, Membuat Sumur Bor, Membangun Pos Kamling hingga tugu TMMD, serta kegiatan penyuluhan kepada masyarakat dan kegiatan Bakti sosial.

” Ini program TNI tahunan, bahkan dalam satu tahun bisa dua kali atau ada satu kali. Kalau kita Sarolangun itu pertahun kita anggarkan 1,2 miliar rupiah. Kalau apbd yang menganggarkan ini jalan sepanjang 4 kilo meter tidak cukup dengan uang Rp 5 Miliar, tapi kalau dengan TMMD hanya Rp 1,2 miliar, sudah bisa pembangunan jalan 4 kilo meter, ada lagi rumah, sumur bor, renovasi mesjid, penyuluhan yang luar biasa,” katanya.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari saat diwawancarai awak media

Maka dari itu, kata Politisi Partai Golkar ini, tentunya dirinya bersama rekan-rekan DPRD Sarolangun dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun memberikan apresiasi sekali atas kerjasama yang terbangun dengan TNI khususnya TNI Angkatan Darat, sebab saat ini akses jalan di Desa Bukit Peranginan telah terbuka bahkan sampai ke wilayah perbatasan dengan Kabupaten Batanghari.

” ini efeknya lebih luas dan maksimal hasilnya. Mungkin kedepan, kita akan melihat akses-akses yang bisa kita buka melalui TMMD, insa Allah kita bekerja sama ,agar ini bisa bersinergi dan efeknya bisa berdampak luas terhadap masyarakat dan untuk pembangunan kabupaten sarolangun khususnya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari juga menyerahkan bantuan bagi anak stunting di Desa Bukit Peranginan, serta mendampingi Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy dalam peninjauan lokasi Bakri sosial serta lokasi TMMD regional ke-116 yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU