Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHHadiri Penyusunan Ranperkada RDTR Kecamatan Pauh, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sebut...

Hadiri Penyusunan Ranperkada RDTR Kecamatan Pauh, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sebut Investasi PLTU Capai 15 Triliun

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kasubdid Perencanaan Tata Ruang Wilayah I Detty Thresia, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun Fahrul Rozi, dan Sekretaris Dinas PUPR Zainul Arifin

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghadiri kegiatan Konsultasi Publik (KP) dalam pembahasan analisa, tujuan, konsep rencana struktur ruang dan rencana pola ruang, isu pembangunan berkelanjutan dan isu pembangunan prioritas, dalam rangka penyusunan materi teknis dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Ranperkada) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Pauh di Kabupaten Sarolangun, Jumat (15/09/2023) di Aula Golden Hotel Sarolangun.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Kementrian ATR/BPN Drs Pelopor, M.Eng, Sc Melalui Zoom Meeting, dan hadir secara langsung Kepala Sub Direktorat Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Ekonomi Wilayah I Kementrian ATR/BPN Detty Thresia Putung, ST, MT, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun Drs H Fahrul Rozi, M.Si, Anggota DPRD Sarolangun Fadlan Kholiq, SE, ME, Sy, Sekretaris Dinas PUPR Sarolangun Zainal Arifin, ST, para kepala OPD terkait, Camat Pauh Jupri, SE, Para kepala desa se-Kecamatan Pauh dan Tokoh masyarakat Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri sangat menyambut baik program penyusunan materi dan ranperkada RDTR kecamatan Pauh tersebut, yang merupakan bantuan program dari Kementrian Agraria Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam penyusunan RDTR Kecamatan Pauh.

Hal itu dikarenakan Kecamatan Pauh masuk dalam satu tempat yang direncanakan dalam investasi tinggi, sehingga ketika investasi dapat berjalan dengan baik harus ada analisa, kajian, konsep dan rencana Tata Ruang Wilayah.

” Alhamdulillah kita dapat bantuan dari kementrian ATR/BPN berupa untuk penyusunan RDTR kecamatan Pauh karena ini salah satu akan direncanakan tempat investasi tinggi namanya sampai 15 Triliun, investasi dijalankan apabila ada RTRW,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Bachril Bakri juga menyebutkan tentu pihaknya selalu pihak eksekutif bersama DPRD Sarolangun sangat mendukung kegiatan penyusunan RDTR Kecamatan Pauh ini dengan harapan bisa segera diselesaikan sambil menunggu RTRW Kabupaten Sarolangun yang sedang di proses di kementrian ATR.

” Potensinya Rencana penggunaan PLTU dari batubara dengan tekhnologi baru. Kita mengucapkan terima kasih kepada ibu kasubdid yang memberikan arahan. Dokumen rtrw itu salah satu dokumen sebagai dasar perencanaan berkaitan dengan wilayah, menyusun RKP, dan RPD serta RPJMD harus memperhatikan tata ruang, dan tepat atau tidaknya program itu harus memperhatikan RTRW,” katanya.

” Kalau bisa sebelum November sudah selesai dan kita akan bawa beberapa anggota DPRD ke Jakarta untuk bahas secara lintas sektoral terkait RTRW. Kepada DPRD juga saya harapkan bisa memberikan masukan dari pandangan bapak bisa memberikan gambaran secara umum, serta menanggapi bila ada yang kurang pas,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Ekonomi Wilayah I Kementrian ATR/lBPN Detty Thresia mengatakan bahwa lokasi prioritas penyusunan RDTR adalah lokasi yang memiliki investasi yang tinggi.

Tahun 2023 ini, secara keseluruhan pihaknya menyusun 82 RDTR dan di Provinsi Jambi ada 3 RDTR yang disusun yakni di Sarolangun, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Kerinci.

$ Tujuan kegiatannya untuk tersedianya dokumen teknis, peta digital, kajian kebijakan, ranperkada serta dukungan KLHS. KP pertama kita membahas tujuan struktur dan konsep pola pengembangannya. Isu pembangunan berkelanjutan dan isu pembangunan prioritas di wilayah yang disusun,” katanya.

Kegiatan ini berlangsung dari 08 Agustus 2023 sampai 29 September 2023, dimana sebelumnya sudah melakukan eksistensi dan sekarang kita melakukan konsultasi publik, pertama di Sarolangun.

” Kami mohon support dari bapak Penjabat Bupati Sarolangun dan bapak/ibu semua yang hadir agar penyusunan RDTR ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Ekonomi Wilayah I Kementrian ATR/lBPN Detty Thresia, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun Fahrul Rozi beserta seluruh jajaran OPD terkait dan peserta melakukan diskusi bersama dalam rangka penyusunan materi dan Ranperkada RDTR Kecamatan Pauh.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments