Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHHadiri Peringatan Hari Pramuka Ke-62, PJ Bupati Sarolangun Pesan Begini Bagi Gerakan...

Hadiri Peringatan Hari Pramuka Ke-62, PJ Bupati Sarolangun Pesan Begini Bagi Gerakan Pramuka

Ketua kwarda Pramuka Provinsi Jambi Sudirman dan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri serta rombongan saat tiba di lokasi kegiatan peringatan hari Pramuka ke-62

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghadiri kegiatan peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun, Sabtu (23/09/2023) di Lapangan Sepak Bola, Desa Pulau Pandan, Kecamatan Limun.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jambi H Sudirman, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sarolangun Muhamamd Fadlan Arafiqi, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, para kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Sarolangun, Camat Limun Marhasan, S.Pd, beserta jajaran pengurus dan anggota Gerakan Pramuka se-Kabupaten Sarolangun.

Dalam momentum tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan selamat hari Pramuka yang ke-62 tahun, yang mana hari Pramuka jatuh pada tanggal 14 Agustus 2023 dan baru dilaksanakan peringatan hari Pramuka ini pada 23 September 2023 di Kabupaten Sarolangun. Kegiatan tersebut juga sekaligus dalam memperingati Hari Pendidikan Kepanduan di Indonesia yang ke-111 tahun 2023 ini.

” Segenap anggota gerakan pramuka di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan praja muda yang kita cinta telah berusia genap 62 tahun. Untuk itu kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah SWT atas berkahnya untuk gerakan Pramuka,” katanya.

Melalui momentum hari Pramuka, Bachril Bakri juga berharap agar kedepan Gerakan Pramuka dapat terus bergerak maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program pemerintah serta menangani pendidikan non formal dalam pendidikan karakter.

Sebagaimana Tena hari Pramuka, melalui hari Pramuka ke-62 tahun, mari kita wujudkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

” Tema ini menunjukkan semangat gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional mencermati SDM yang ada saat ini masih jauh dari yang kita harapkan. Wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara. Apalagi kita menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, dan Ka. Kwarda Provinsi Jambi Sudirman

Selain itu, Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa saat ini harus diakui jumlah SDM yang ada di gerakan Pramuka khususnya para pembina Pramuka dan pelatih oramuka jumlahnya masih sangat terbatas, oleh sebab itu jumlah pembina oramuka dan pelatih gerakan Pramuka harus dapat ditingkatkan di masa mendatang.

” Kwarnas juga menaruh perhatian pada peningkatan gugus depan dimanapun berada, maka saya berharap Kwartir di semuanya tingkatan harus dapat membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing masing,” katanya

Tahun ini juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan nasional yakni Raimuna Nasional, perkemahan bakti saka tingkat nasional, musyawarah penegak dan pandega putra dan putri nasional, upanitera serta musyawarah nasional gerakan Pramuka di Banda Aceh

” Saya berharap kakak kakak dan adik-adik Pramuka dapat mendukung kegiatan nasional tersebut. Khususnya Munas Pramuka. Dan memasuki musyawarah nasional dalam pemilihan ketua nasional, saya harapkan gerakan Pramuka tetap mengedepan Tri Satya dan dasa Dharma Pramuka,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menerima penghargaan lencana Pramuka

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jambi H Sudirman memberikan penghargaan lencana Pramuka kepada Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU