Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHHadiri Sertijab Kepala Desa Di Kecamatan Pauh, Penjabat Bupati Henrizal : Kades...

Hadiri Sertijab Kepala Desa Di Kecamatan Pauh, Penjabat Bupati Henrizal : Kades Harus Objektif

Pj Bupati Henrizal, PJ Ketua PKK Sarolangun Ny Harvedrida, Poto bersama dengan tripika kecamatan dan kepala desa di kecamatan Pauh

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM menghadiri kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Desa sekaligus pelantikan Ketua TP-PKK Desa di lima Desa dalam wilayah Kecamatan Pauh, Kamis (12/01/2023) di Kantor Camat Pauh.

Kelima Kepala Desa tersebut, yakni Kades Pangkal Bulian Indra, Kades Sepintun Ahmad Rukita, Kades Semarang  Hermansyah, Kades Danau Serdang Ali Muhlisin, dan Kades Karang Mendapo Deni Wahyudi.

Ketua TP-PKK Desa yang dilantik yang juga sekaligus dikukuhkan sebagai Bunda Paud Desa di masing-masing desa, yakni Ketua TP PKK Desa Karang Mendapo Ny Midrawati, Ketua TP PKK Desa Danau Serdang Ny Wahid Alqurni, Ketua TP PKK Desa Semaran Ny Siti Haryani, Ketua TP PKK Desa Sepintun Ny Heny Dorawati, dan Ketua TP PKK Desa Pangkal Bulian Ny Norlela.

Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus pengukuhan kades terpilih sebagai pemangku adat desa LAM Jambi dan pengukuhan BUNDA PAUD Desa di Kecamatan Pauh yang berjalan dengan tertib dan lancar.

Turut hadir langsung Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal, Kapolsek Pauh AKP Maskat Maulana, Danramil 420-02 Pauh Kapten INF M Suhadi, Ketua PGRI Provinsi Jambi H Lukman, M.Pd, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Camat Pauh Jupri, SE, Ketua lam Jambi Kecamatan Pauh M Soleh, Ketua TP PKK Kecamatan Pauh Ny Arie Wijayanti Jupri, para tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Sarolangun Henrizal, Camat Pauh Jupri serta tamu undangan yang hadir

Camat Pauh Jupri, SE dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya para kepala desa terpilih di Kecamatan Pauh dal Pilkades serentak tahun 2022 yang berlangsung dengan kondusif dan aman serta jujur dan adil.

Begitu juga dengan ketua TP-PKK Desa yang baru dilantik ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam memajukan desa.

” Selamat atas pelaksanaan Sertijab kepala desa yang dilaksanakan hari ini, yang tentunya saya juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian para penjabat kepala desa yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Kepala kepala desa saya harapkan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Selain itu, Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan selamat kepada kades terpilih dan ketua PKK desa yang Baru saja dilantik serta dikukuhkan menjadi bunda paud di desa masing-masing.

Kepada tim penggerak PKK Khususnya, Ny Harvedrida berharap agar ketua PKK desa untuk dapat aktif baik di desa, kecamatan maupun di tingkat kabupaten dalam melaksanakan 10 program PKK yang telah diamanahkan.

” Saya ingat betul bahwa saya mulai merasakan sebagai ketua PKK di kelurahan, PKK kecamatan hingga saat ini penjabat ketua PKK Kabupaten Sarolangun. PKK Kabupaten Sarolangun mendapatkan juara II tingkat provinsi Jambi pada kegiatan jambore Provinsi,” katanya.

Pj Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat kepada ketua lembaga adat desa yang juga dikukuhkan pada hari ini, mudah-mudahan kedepamnya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Sebagai pemimpin di desa, sudah seharusnya mengedepan kebersamaan dan melayani dengan tulus, senyum dan ikhlas untuk berbuat dalam memajukan desa.

” Ada sebanyak 508 PAUD yang ada di Kabupaten Sarolangun, Alhamdulillah kita terbaik ketiga se-Provinsi Jambi. Mendapatkan urutan pertama untuk masalah sigadis Jambi tingkat provinsi Jambi  Alhamdulillah per Desember angka penurunan stunting di Kabupaten Sarolangun menjadi 15 persen dari tahun 2021 yang lalu tingkat persentasi sebesar 21 persen,” katanya.

Disamping itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkades serentak tahun 2022 yang lalu.

Tentu hal itu merupakan sebuah proses demokrasi yang ada di desa, meskipun ada perbedaan tapi persatuan dan kesatuan masyarakat tetaplah hal yang menjadi utama.

” Kegiatan pada hari ini terkait Sertijab lima kepala desa, mudah-mudahan kegiatan ini merupakan awal untuk dapat melaksanakan tugas di desa masing-masing dengan memegang teguh aturan yang berlaku. Terhadap perbedaan kemarin, mari kedepan kita sama-sama untuk membangun desa, kepala Desa yang terpilih harus dapat merangkul seluruh masyarakat yang ada di desa,” katanya.

Penjabat Bupati Henrizal

Henrizal juga menegaskan bahwa kepala desa harus dapat objektif dalam melaksanakan tugas dan melayani masyatakat di desa dengan penuh tanggung jawab, serta harus dapat merangkul semua masyarakat dalam pelayanan yang prima.

” Tanggung Jawab mengurus masyarakat desa berat, apapun permasalahan di desa masyarakat akan mengadu ke kepala desa. Oleh sebab itu, jadi kepala desa itu harus sabar dan siap untuk melayani dan mengayomi masyarakat. Tolong jalankan amanah terpilih sebagai kepala desa dengan sebaik-baiknya,” katanya.

” Desa merupakan salah satu ujung tombak pembangunan, maka jika seluruh desa sudah bagus maka Kabupaten ini juga akan bagus.  Saya berharap para kepala desa untuk membina masyarakat secara utuh, mulai dari lembaga adat, PKK desa, pemuda, maupun masyarakat secara umum. Begitu juga dengan ibu kepala desa selaku ketua PKK desa, harus siap membantu melaksanakan tugas memimpin desa. Pintu rumah harus terbuka 24 jam, dalam melayani masyarakat,” kata dia menambahkan.

Sertijab Kepala Desa di Kecamatan Pauh

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan kegiatan Sertijab kepala desa dari Penjabat Kepala desa kepada kepala desa terpilih, pelantikan ketua TP-PKK Desa di kecamatan Pauh oleh Penjabat Ketua TP PKK Sarolangun Ny Harvedrida,  Pengukuhan pemangku adat desa LAM Jambi di kecamatan Pauh, dan Pengukuhan bunda paud oleh Bunda Paud Kabupaten Sarolangun Ny Harvedrida.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU