Hingga Mei 2023, Realisasi Transfer Dana Daerah Dari DPJB Jambi Ke Kasda Sarolangun Capai 33 Persen

0
PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menerima penghargaan dari DPJB Provinsi Jambi

PJ Bupati Bachril Bakri : Kita Termasuk Salah Satu Daerah Terbaik

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat berdiskusi dalam kunjungan Kanwil DPJB Provinsi Jambi dalam rangka percepatan realisasi dana transfer ke daerah

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menyambut kedatangan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi (DPJB) dalam rangka silaturrahmi sekaligus membahas progres realisasi percepatan transfer dana ke Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Sarolangun, Jumat (26/05/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Kanwil Ditjen DPJB Provinsi Jambi Drs Burhani As, MM, beserta jajaran, Kepala KPP Pratama Bangko dan KPP Kantor Pembantu Kabupaten Sarolangun, Kepala BPKAD Sarolangun H Kasiyadi, S.IP, ME beserta jajarannya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa percepatan realisasi anggaran ini tentu sangat penting dilaksanakan dalam rangka realisasi program kerja Pemerintah Daerah yang bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sarolangun maupun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal itu juga bertujuan untuk perputaran ekonomi yang bisa berdampak langsung kepada masyarakat Sarolangun secara umum. ” Kecepatan realisasi anggaran karena ini akan cepat juga terbangunnya sarana dan prasarana dari dak fisik tersebut sehingga juga bisa langsung dimanfaatkan masyarakat sarolangun,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menerima penghargaan dari DPJB Provinsi Jambi

Bachril Bakri menjelaskan bahwa dari laporan yang diterimanya dari Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi bahwa Kabupaten Sarolangun termasuk salah satu daerah yang terbaik terkait serapan anggaran dana transfer ke daerah, sehingga memang serapan anggaran di daerah saat ini sedang berjalan.

” Sudah berjalan, dari laporan ditjen perbendaharaan, kabupaten Sarolangun termasuk salah satu daerah yang terbaik terkait serapan alokasi anggaran dana transfer ke daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Jambi Burhani AS mengatakan bahwa Kabupaten Sarolangun merupakan salah satu daerah dibawah pembinaan dan pengawasan dari KPP Pratama Bangko, salah satu tugasnya adalah penyaluran dana transfer ke daerah.

” Pertama kami juga silaturrahmi dengan beliau sebagai kepala biro perencanaan di Mendagri, sekaligus mengucapkan selamat atas pucuk pimpinan sebagai Penjabat Bupati Sarolangun,” katanya.

Kata Burhani, untuk realisasi dana transfer ke daerah di Kabupaten Sarolangun hingga pada tanggal 19 Mei 2023 sudah mencapai 33 persen dari total anggaran APBD Sarolangun lebih kurang Rp 1 Triliun lebih.

” Tinggal nanti bagaimana Pemda menyalurkan ke pihak yang berhak dari pagi sekitar 1 triliun lebih,” katanya.

PJ Bupati Bachril Bakri, Kepala Kanwil DPJB Jambi Burhani, Sekda Endang Abdul Naser dan jajaran Poto bersama

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan sejumlah tugas pokok dari DPJB Provinsi Jambi yang tentunya erat kaitannya dengan Pemerintah Daerah dalam rangka pembinaan keuangan dan akuntansi sekaligus penyalur dana yang sifatnya dari APBN.

” On the track kalau sarolangun sampai dengan posisi saat ini, sarolangun untuk dana desa sebagian desanya sudah siap untuk tahap kedua. Untuk DAK fisik sudah pelelangan selesai tinggal lagi melengkapi persyaratan di kppm,” katanya.

Untuk Dana Lokasi Khusus (DAK) dari Pusat, Kabupaten Sarolangun tahun 2023 dialokasikan sebesar Rp 47,4 Miliar, terdiri 18 miliar DAK fisik, DAK fisik kesehatan, DAK perpustakaan, dan DAK Pendidikan.

” Tadi pak Bupati, sampaikan sudah dalam proses tender, sudah kontrak juga sudah tinggal lagi melengkapi persyaratan di sistem yang kita sudah sediakan namanya OM SPAN. Teman-teman di kppm nanti melakukan verifikasi kalau sudah ok baru nanti kita salurkan anggarannya ke khas daerah,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap