Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHHUT RI Ke-76, Kades Pelawan Jaya Salurkan BLT Dana Desa

HUT RI Ke-76, Kades Pelawan Jaya Salurkan BLT Dana Desa

Kades Pelawan Jaya H Arifin saat menyerahkan BLT Dana Desa bagi masyarakat, Selasa (17/08/2021) pagi

SAROLANGUN – Pemerintah Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Pelawan melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2021. Menariknya, penyaluran BLT ini bertepatan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-76, Selasa (17/08/2021) di Kantor Desa Pelawan Jaya, yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kades Pelawan Jaya H Arifin mengatakan bahwa pihaknya memang menjadwalkan menyalurkan BLT Dana Desa ini pada saat hari kemerdekaan RI, untuk memperingati sekaligus tanda syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raga untuk bangsa Indonesia yang tercinta.

“Intinya kita mengingat dan memperingati HUT kemerdekaan RI dan juga mengingat perjuangan para leluhur kita yang berjuang dengan sudah payah, taruhan nyawa dengan menahan kelaparan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI yang pada hari ini kita tinggal menikmati kemerdekaan ini. Umpamanya kita memakan pisang yang sudah di kocek, itu tanda syukur kita dan kita berdoa kepada Allah SWT semoga arwah para pejuang kita ini ditempatkan oleh Allah swt di dalam syurga,” katanya saat diwawancarai media ini.

Arifin menjelaskan untuk tahun 2021 ini ada sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan BLT melalui Dana Desa ini. Setiap KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu perbulan, dan untuk penyerahan BLT Dana Desa kali diberikan selama tiga bulan terhitung dari Bukan Juli, Agustus dan September tahun 2021.

“Untuk penyerahan BLT ini dari Dana Desa di luar dari penerima bantuan PKH, BPNT maupun BST dari Kemensos, ada sebanyak 60 orang dengan menerima bantuan uang sebesar Rp 300 ribu perbulan. Yang hari ini kita salurkan untuk bulan Juli, Agustus dan September sehingga setiap penerima diberikan sebesar Rp 900 ribu perorang,” katanya.

Masyarakat Desa Pelawan Jaya selaku penerima BLT Dana Desa mengikuti protokol kesehatan

“Untuk infrastruktur melalui alokasi dana desa tahun ini ada tiga item yang kita lakukan yakni pembangunan jalan rabat beton sepanjang 100 meter,  pembangunan TPQ, dan pembuatan satu unit sumur bor. Selebihnya memang kita ikuti sesuai petunjuk pemerintah, seperti BLT, Program Stunting, Pemberdayaan masyarakat melalui kader itu yang kita utamakan,” kata dia menambahkan.

Ia berharap dengan adanya BLT Dana Desa ini, masyarakat selaku keluarga penerima manfaat (KPM) dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi akibat dampak wabah pandemi virus Corona (Covid-19).

“Intinya dimanfaatkan oleh masyarakat di masa pandemi Covid-19 karena terdampak ekonomi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk membeli sembako, insa allah yang kita berikan tepat sasaran kepada orang yang memang betul-betul membutuhkan dan memang orang yang betul-betul perlu kita bantu,” katanya.

Selain itu, kata Arifin, untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19, pemerintah Desa Pelawan Jaya tentu berupaya untuk mengajak masyarakat agar melakukan vaksinasi dalam rangka meningkatkan imun masyarakat untuk memutus mata rantai penularan wabah virus Corona.

“Alhamdulillah antusias masyarakat pelawan jaya dalam melakukan vaksin ini sangat antusias menanggapi, malah kemasyarakat kita ke desa lain di kejar untuk melakukan vaksin mana yang belum kebagian, cuman kemarin ada hambatan sedikit vaksin untuk tahap kedua ini di puskesmas pelawan ini tertunda karena kekosongan vaksin,” katanya.(Ks1)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU