Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHInovasi Pelayanan, Sekretariat DPRD Sarolangun Launching Aplikasi e-Ulta

Inovasi Pelayanan, Sekretariat DPRD Sarolangun Launching Aplikasi e-Ulta

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari saat melaunching aplikasi e-Ulta

KABAR SAROLANGUN – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik serta melakukan inovasi baru, Sekretariat DPRD Kabupaten Sarolangun secara resmi melakukan launching penerapan aplikasi Unit Layanan Tamu dan Administrasi secara elektronik disingkat e-Ulta, Senin (02/10/2023) di Gedung DPRD Sarolangun.

Launching e-Ulta tersebut dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, yang dihadiri Asisten III Setda Sarolangun Hazrian, SE, M.Si, Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto, S.Pd, M.Pd, sekaligus mentor dan pencetus aplikasi e-Ulta tersebut, serta jajaran pejabat dan staf di sekretariat DPRD Sarolangun.

Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto, dalam paparannya mengatakan bahwa aplikasi e-Ulta ini mulai diterapkan pada hari ini setelah resmi di launching oleh Ketua DPRD Sarolangun.

Inovasi ini muncul setelah sekretariat DPRD Sarolangun menyiapkan unit layanan tamu dan administrasi yang masih secara manual, dan idepun muncul dalam melakukan bagaimana Unit layanan tamu ini dilakukan secara elektronik berbasis smart city yang juga telah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

” Aplikasi ini tentu kita menyiapkan operator sebagai admin dalam penggunaan e-Ulta. Setiap tamu yang datang baik dari dalam daerah ataupun luar daerah, akan terdata dalam aplikasi, lengkap dengan nomor SPT, tujuan, dan maksud kedatangan, serta jumlah orang, bahkan ada Poto tamu yang bersangkutan,” katanya.

Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto saat memaparkan aplikasi e-Ulta

Selain itu, Kata Sekwan DPRD Sarolangun ini, aplikasi e-Ulta ini juga sebagai salah wujud nyata dan inovasi proyek Perubahan dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat II pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia pada Pusdiklat Daerah Istimewa Yogyakarta.

” Sebagai program Digitalisasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan tamu di Sekretariat DPRD Sarolangun,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari pun mengucapkan selamat atas di launchingnya aplikasi e-Ulta ini, sebagai salah satu program inovasi sekretariat DPRD Sarolangun dibawah kepemimpinan Sekretaris DPRD Sarolangun Efrianto.

Program aplikasi yang berbasis elektronik ini di buat khusus untuk menampung layanan tamu dan administrasi, sehingga para tamu bisa terlayani dengan baik serta arsip dan rekam jejak administrasi bisa dicari dengan mudah melalui aplikasi e-Ulta ini.

” Kita tadi ada mentor pak sekwan, ini adalah program bapak sekwan kita yang mengikuti diklatpim II, di jogjakarta. Salah satunya beliau mengeluarkan program e-Ulta. Tentu saya mensupport program ini supaya bisa berjalan, dan tentu tidak terlepas di dukung oleh perangkat yang mumpuni yang bisa ini berkontiniu melayani tamu-tamu yang datang ke sekretariat DPRD Sarolangun,” katanya.

Tontawi Jauhari juga menjelaskan di dalam aplikasi e-Ulta ini akan diketahui data tamu yang datang, baik jumlah orang yang datang, kedatangan tamu jam berapa, SPT tamu, bahkan itu bisa dilihat datanya setiap bulan hingga setiap tahun.

” Selama ini pelayanan manual, yang datanya ketika di minta tidak tahu di simpan dimana, ini tersimpan dalam server dan program aplikasi, sehingga program ini bisa dibuka kapan pun dibutuhkan datanya,” katanya.

Sekwan DPRD Sarolangun Efrianto saat menunjukan aplikasi e-Ulta melalui smartphone

Selain itu, Tontawi Jauhari juga berharap kedepan melalui aplikasi e-Ulta bisa meningkatkan pelayanan tamu dan administrasi yang lebih baik lagi di Sekretariat DPRD Sarolangun, serta penerapan aplikasi e-Ulta ini bisa mendorong kinerja DPRD Sarolangun lebih bagus lagi ke depan.

” Selamat untuk kepada sekwan dan saya mendukung sepenuhnya mudah-mudahan dengan program ini pelayanan di sekretariat DPRD ini bisa meningkat lagi dan lebih baik lagi kedepan. Besok sudah mulai diterapkan, dengan idenya pak sekwan, peningkatan pelayanan dan administrasi di sekretariat, yang tadinya pelayanan manual dan semrawutan yang berpotensi hilang, tapi dengan e-ulta ini bisa menjadi dokumentasi tahunan yang tidak bisa hilang secara digitalisasi dan elektronik,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU