Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHKabut Asap Mulai Menyelimuti Sarolangun, Masyarakat Diminta Pakai Masker dan Kurangi Aktivitas...

Kabut Asap Mulai Menyelimuti Sarolangun, Masyarakat Diminta Pakai Masker dan Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah

Pj Bupati Sarolangun Bagikan Masker Bagi Pengendara

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memasang masker bagi masyarakat

KABAR SAROLANGUN – Beberapa hari terakhir ini Kabut asap mulai menyelimuti wilayah Kabupaten Sarolangun yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

Atas kondisi tersebut, kualitas udara pun tidak sehat untuk kesehatan tubuh sehingga bisa berdampak terhadap gangguan saluran pernapasan bagi masyarakat.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc pun menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa mengurangi aktivitas di luar rumah dan ketika keluar rumah untuk senantiasa menggunakan masker, untuk mengantisipasi kabut asap dan kualitas udara yang tidak sehat.

” Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, dan jika harus beraktivitas diluar dianjurkan untuk menggunakan masker,” katanya, Senin (02/10/2023) di dampingi Kadis LHD Sarolangun Kurniawan.

Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah sudah dua kali melakukan pemantauan dan pengujian kualitas udara di Kabupaten Sarolangun dengan sampel beberapa titik lokasi.

Hasilnya, angka indeks pencemaran udara (ISPU) mencapai PM 2,5, yang menunjukan kualitas udara tidak sehat.

” Ada dua kali, evaluasi dari dinas lh, terhadap kualitas udara, yang terkait dengan asap, perubahan warna seperti itu, meski demikian secara fisik kita lihat memang beberapa hari ini  di Sarolangun kondisi udara dan kualitas udara sudah sedikit agak menurun, tidak seperti biasa kita melihat cerah,” katanya.

Pembagian masker bagi masyarakat Sarolangun yang beraktivitas di luar rumah

Atas kondisi itupun, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri didampingi Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Sekretaris Dinas Kesehatan Fauziah, Kadisdikbud Sarolangun Arsyad melakukan pembagian Masker Gratis bagi masyarakat khususnya pengendara bertempat di Jalan Lintas Sumatera Kota Sarolangun, tepatnya di Depan Bank Pembangunan Daerah Jambi.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 660/90/SE/DLH/2023, tentang Antisipasi Kualitas Udara yang Memburuk di Kabupaten Sarolangun dan memberikan himbauan kepada masyarakat Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU