Selasa, Juni 18, 2024
BerandaDAERAHKembangkan Kompetensi PNS, BKPSDM Sarolangun Gelar Pelatihan Pejabat Fungsional Perencana Tahun 2023

Kembangkan Kompetensi PNS, BKPSDM Sarolangun Gelar Pelatihan Pejabat Fungsional Perencana Tahun 2023

Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan pelatihan Pejabat Fungsional Perencana di lingkungan Pemkab Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan pelatihan Pejabat Fungsional Perencana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2023, Jumat (03/11/2023) di Shang Ragu Hotel Jambi, Kota Jambi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, melalui zoom meeting dari Kantor Bupati Sarolangun, yang berjalan dengan lancar dan sukses.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati, SH, MH, Kabid Diklat BKPSDM Sarolangun Arif Sulistiyono, SE, Narasumber Dr Guspika, MBA yang merupakan Fungsional Perencana Ahli Utama, Para Pejabat Administrator dan Jajaran BKPSDM Kabupaten Sarolangun, serta Para Pejabat Fungsional Perencana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Dalam laporannya, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan ketentuan Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah melakukan penyetaraan 29 orang pejabat pengawas menjadi Pejabat Fungsional Perencana.

Jabatan Fungsional Perencana merupakan jabatan karier PNS yang termasuk dalam klasifikasi/rumpun manajemen dan termasuk dalam jabatan fungsional keahlian yang memiliki peran penting untuk menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis.

Para Narasumber saat menyampaikan materi kepada para peserta pejabat fungsional perencana

Termasuk mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan yang terwujud dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah baik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

” Salah satu langkah penguatan jabatan fungsional perencana dalam mendukung penyederhanaan birokrasi yang menjadi amanat pemerintah adalah dengan memberikan pemahaman dan pengayaan mengenai Kebijakan Publik dan Manajemen Pembangunan, Kebijakan Jabatan Fungsional Perencana dan Angka Kreditnya” katanya.

Menurutnya, hal itu juga mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Kerja Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Peraturan Bupati Sarolangun Nomor 46 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sarolangun.

” Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 02 hingga 05 November 2023, yang bertempat di Shang Ratu Hotel Jambi, dengan diikuti peserta sebanyak 24 orang yang merupakan pemangku jabatan fungsional perencana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Kata Linda Novita, pihaknya selalu panitia pelaksana juga mendatangkan narasumber yang merupakan Tenaga ahli dan pengajar yang kompeten dalam bidangnya, yakni
Fungsional Perencana Ahli Utama Pusbindiklatren Bappenas RI dan Widyaiswara Ahli Utama Pusbindiklatren Bappenas RI yang menyampaikan materi secara keseluruhan berisikan tentang kebijakan terkait pelaksanan tugas-tugas pejabat fungsional perencana hasil penyetaraan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

” Kami berharap pelatihan Jabatan Fungsional Perencana ini dapat menjadi pijakan yang solid untuk perbaikan dan kemajuan di masa depan, dalam rangka mencapai tujuan yang lebih besar dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, kami meyakini bahwa komitmen terus menerus terhadap pengembangan diri dan kolaborasi yang baik antara para ASN akan menjadi kunci keberhasilan,” katanya.

Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita, Narasumber Guspika dan Kabid Diklat Arif Sulistiyono Poto bersama dengan seluruh peserta

Dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati beserta jajaran dan para narasumber Poto bersama dengan seluruh peserta dan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan Pejabat Fungsional Perencana.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU