Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHKepala Kemenag Sarolangun Pimpin Upacara HSN Tahun 2022

Kepala Kemenag Sarolangun Pimpin Upacara HSN Tahun 2022

 

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar saat memimpin upacara Hari Santri Nasional di Kabupaten Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sarolangun Drs KH M Syatar, S.Ag, memimpin langsung upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, Sabtu (22/10/2022) di halaman kantor Kemenag Sarolangun, yang berlangsung dengan khidmat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Forkompinda Kabupaten Sarolangun, jajaran pejabat di lingkungan Kemenag Sarolangun, Para kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Sarolangun, pimpinan pondok pesantren dan ratusan santri-santriwati.

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober sesuai dengan penetapan oleh Bapak Presiden Indonesia Ir Joko Widodo pada tahun 2015.

Tentu dengan dasar itu, dapat memberikan motivasi bagi semua kalangan masyarakat khususnya pondok pesantren dalam memperingati hari santri nasional, sebagai bentuk penghormatan terhadap para kiyai, para santri yang telah suhada dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia pada masa penjajahan dulu.

“Setiap tahun kita lakukan peringatan hari santri nasional, dan tahun ini kita lakukan dengan empat rangkaian kegiatan, mulai dari kita melakukan peringatan HSN melalui zoom meeting, dan melaksanakan kegiatan perlombaan antar santri, kemudian upacara peringatan HSN, serta diakhir dengan tabliq Akbar bersama Syekh Tajuddin Al-abbasi dari Sudan,” katanya.

Poto bersama

Sesuai dengan tema Hari Santri Nasional, berdaya menjaga martabat kemanusiaan, M Syatar juga mengharapkan agar seluruh santri yang ada di Kabupaten Sarolangun dapat terus termotivasi untuk meningkatkan pembelajaran dan menuntut ilmu, terutama ilmu agama karena itu salah satu yang bisa membentengi anak-anak dari pengaruh negatif.

“Santri telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian di berbagai bidang, bahkan menjadi pemimpin. Santri senantiasa berprinsip bahwa, bagi santri menjaga martabat dan kemanusiaan juga menjaga Indonesia. Hari santri merupakan milik semua komponen bangsa yang mencintai bangsa Indonesia, maka kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama merayakan hari santri,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments