Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHKetua DPRD Sarolangun Pastikan Dana Hibah Pembangunan Mesjid Desa Tendah Telah Disetujui

Ketua DPRD Sarolangun Pastikan Dana Hibah Pembangunan Mesjid Desa Tendah Telah Disetujui

 

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari bersama tim banggar DPRD Sarolangun dan Tim Anggaran Pemda Sarolangun saat membahas dana hibah pembangunan mesjid desa tendah

SAROLANGUN -Mesjid Desa Tendah, Kecamatan Cermin Nan Gedang menjadi salah satu gedung yang terbakar beberapa waktu lalu.

Padahal mesjid tersebut sebagai satu-satunya tempat ibadah bagi masyarakat setempat.

Untuk membangun kembali mesjid tersebut, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyiapkan alokasi dana hibah sebesar Rp 500 juta pada APBD Tahun anggaran 2022 yang baru disahkan oleh DPRD Sarolangun, Selasa (30/11/2021) malam tadi.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari pun memastikan anggaran dana hibah itu telah disetujui DPRD Sarolangun bersama tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sarolangun.

“Di dalam paripurna pandangan umum fraksi, salah satu perwakilan anggota DPRD Sarolangun dapil IV mengusulkan kepada forum agar mempertimbangkan korban kebakaran dibantu oleh Pemda Sarolangun. Saya sebagai pimpinan sidang pada saat melempar ke forum dan di setujui oleh kawan-kawan DPRD Sarolangun dalam forum itu,” katanya.

“Kemudian kita langsung menyampaikan kepada bapak Bupati, dan langsung di jawab bahwa Pemkab Sarolangun akan membantu melalui dana hibah senilai 500 juta rupiah,” kata dia menambahkan.

Setelah pelaksanaan rapat paripurna DPRD Sarolangun itu, pihaknya langsung membahas bantuan dana hibah tersebut bersama tim TAPD Sarolangun sehingga disepakati bersama dana hibah Rp 500 juta itu diambil dana Biaya Tak Terduga (BTT) yang dialihkan ke dana hibah.

“Dan ini melalui dana APBD Sarolangun tahun 2022, jadi nanti setelah evaluasi provinsi dan kemudian di sempurnakan oleh DPRD, lalu masing-masing OPD menyiapkan RKA lagi untuk pencairan dana hibah tersebut baru kemudian dana itu bisa di serahkan,” katanya.

Dana itu nantinya akan diserahkan langsung oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra bersama OPD terkait yang berupa uang tunai untuk membangun kembali mesjid kebanggaan masyarakat desa Tendah tersebut.

“Langsung full uang tunai yang diserahkan untuk membangun mesjid kembali sehingga masyarakat nantinya tidak terganggu lagi untuk melaksanakan ibadah,” katanya.

Selain itu, ia juga mendapatkan informasi dari pemerintah Provinsi Jambi dalam hal ini Gubernur Jambi Al Haris juga akan turut membantu pembangunan mesjid desa Tendah ini, dan tentunya ini adalah hikmah dibalik dari kejadian kebakaran ini.

“Pak gubernur hari ini merespon dengan turun ke lokasi kebakaran. Dan juga saya dapat informasi akan membantu senilai 1 miliar rupiah, sehingga memang ada hikmah dibalik kejadian ini dan diharapkan mesjid desa Tendah jad lebih bagus,” katanya.

“Kita minta kepada para korban kebakaran di desa Tendah ini untuk bersabar dan banyak-banyak berdoa menghadapi ini, dan kembalikan kepada yang maha kuasa, insa allah akan ada hikmahnya, dan kita lihat saat ini sudah banyak peduli korban kebakaran ini yang terus berdatangan,” kata dia menambahkan.(ks1)

 

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU