Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDAERAHKuota Gas LPG Sarolangun Alami Pengurangan Jadi 4.522 MT

Kuota Gas LPG Sarolangun Alami Pengurangan Jadi 4.522 MT

 

Gas LPG 3 Kg yang beredar di tengah masyarakat Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Kabupaten Sarolangun, Tebo dan beberapa Kabupaten Lainnya mendapatkan pengurangan Kuota Gas Lpg 3 kg pada tahun 2022.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 134K tahun 2022 terkait dengan perubahan kuota gas elpiji. Termasuk Kabupaten Sarolangun mengalami pengurangan kuota gas elpiji pada tahun 2022.

Kabag Ekonomi Setda Sarolangun, Davidman Jumat (30/09/2022) mengatakan, terkait dengan gas elpiji 3 kg, biasanya pemerintah daerah mengajukan usulan ke pihak provinsi. Selanjutnya, pihak provinsi yang mengajukan usulan tersebut ke pemerintah pusat.

“Hasil dari usulan itu nanti, pemerintah pusat yang akan mengeluarkan semacam SK terkait dengan kuota masing masing provinsi dan kabupaten/kota,”katanya.

Untuk kabupaten sarolangun, sebelumnya telah mengusulkan sebanyak 4.754 Metrix ton (MT), usulan itu terpenuhi. Namun, informasi terbaru dari pertamina bahwa kuota tersebut terjadi pengurangan.

Lanjutnya, dalam surat keputusan itu memang ada beberapa kabupaten yang mengalami kenaikan kuota. Dan ada juga beberapa kabupaten terjadi pengurangan kuota.

“Untuk Sarolangun sendiri yang tadinya 4.754 Metrix ton, menjadi 4.522 Metrix ton. Artinya ada penurun kuota sekitar 200an. Selain Sarolangun, juga ada kabupaten Tebo, Sungai penuh dan beberapa Kabupaten lain yang juga berdampak pengurangan,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU