Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHLaunching Pelayanan Terpadu MPP Sarolangun Berlangsung Sukses, Pemkab Sarolangun Sediakan 16 Gerai...

Launching Pelayanan Terpadu MPP Sarolangun Berlangsung Sukses, Pemkab Sarolangun Sediakan 16 Gerai Pelayanan 

Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melepas balon launching pelayanan terpadu di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Pelayanan Terpadu di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sarolangun telah dilakukan launching oleh Gubernur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH, didampingi Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Selasa (09/01/2024) sore di Kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sarolangun, Sri Pelayang, Kel. Sarkam, Kecamatan Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Jambi Hafis Hasbiallah, Pj Bupati Merangin H Mukti Said, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd beserta jajaran, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos, Waka Polres Sarolangun Kompol A Lubis, PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, MH, Kasi Intel Kejari Sarolangun Erikson, SH.

Selain itu hadir juga sejumlah anggota DPRD Sarolangun diantaranya Aang Purnama, Syahrial Gunawan,  H Hurmin, SE, Hermi, Fadlan Kholiq, PIMCAB bank Jambi Sarolangun M Ridwan, SE,. Para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jambi, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Camat se-Kabupaten Sarolangun dan sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur Jambi yang telah hadir dalam kegiatan launching pelayanan terpadu di mall pelayanan publik Kabupaten Sarolangun.

” Launching ini karena memang seharusnya peresmian harus dilakukan Menpan RB, Kita boleh melakukan launching karena akan digunakan, dan nantinya akan diresmikan oleh bapak Menpan RB bersama-sama dengan daerah lainnya,” katanya.

Bachril Bakri menjelaskan bahwa dengan adanya MPP ini, berbagai pelayanan yang ada di Sarolangun akan dilakukan di satu tempat secara terpadu dan terintegrasi, dimana pendirian MPP ini didasarkan atas Peraturan Presiden nomor 89 tahun 2021 tentang petunjuk teknis pelayanan terpadu mall pelayanan publik.

” Dalam MPP Sarolangun ini ada 16 Gerai pelayanan yang akan dilakukan yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga vertikal,” katanya

Ke enam belas gerai pelayanan tersebut, diantaranya (1) pelayanan bkpsdm urusan kepegawaian, (2) pelayanan BPPRD berupa pajak dan Retribusi Daerah, (3) Pelayanan dinas sosial berupa KIP, KIS, Jamkesda, (4) Pelayanan kesehatan, berupa pelayanan sertifikat, surat izin praktek, (5) pelayanan dinas PUPR, berupa pelayanan persesuaian kegiatan tata ruang, (6) pelayanan DPMPTSP berupa pelayanan perizinan berusaha dan non berusaha.

Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menyerahkan dokumen penduduk bagi masyarakat dari pelayanan terpadu di MPP Sarolangun

Kemudian (7) pelayanan BPN, berupa pelayanan pendaftaran Tanah, (8) pelayanan kementrian agama,(9) pelayanan pajak, berupa pelayan NPWP, (10) pelayanan BPJS kesehatan, (11) pelayanan BPJS ketenagakerjaan, (12) pelayanan Samsat, (13) pelayanan PDAM, (14) pelayanan dukcapil, berupa KTP el, KK, akte kelahiran, KIA dan sebagainya, (15) pelayanan bank 9 Jambi, (16) pelayanan lingkungan hidup.

” Pada tahun 2023 sampai Minggu ketiga November, jumlah perizinan di Kabupaten Sarolangun ditetapkan 835 izin telah ditetapkan, dan lebih lagi sampai bulan Desember. Investasi di Sarolangun sampai di Minggu ketiga bulan November 2023 mencapai Rp 600 miliar lebih,” katanya.

Bachril Bakri juga berharap mall pelayanan publik ini nantinya akan menuju mall pelayanan publik digital, yakni dengan menggunakan aplikasi komputer ataupun bisa menggunakan hp android dalam proses pelayanan publik digital sehingga proses pelayanan juga semakin mudah.

” Tentang Adminduk pelayanan dukcapil, kami ucapkan kepada bapak gubernur atas bantuan bapak gubernur untuk pengadaan Anjungan dukcapil Mandiri (ADM), Secara mandiri kebutuhan baik KK, KTP el, akte kelahiran dan sebagainya. Secara kinerja, pelayanan dukcapil Sarolangun sudah cukup baik dalam pelayanan KTP el hingga bulan Desember 2023,” katanya.

Poto bersama dalam peninjauan gerai pelayanan terpadu di MPP Sarolangun

Sementara itu, Gubernur Jambi Alharis dalam arahannya mengatakan bahwa dengan dilaunchingnya Mall Pelayanan Publik ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan semakin baik serta juga dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang kompeten, dengan tujuan agar pelayanan publik secara terpadu dan terintegrasi bisa memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan berkualitas.

” Meskipun cepat dalam proses pelayanan tetapi tidak boleh mengurangi kualitas dari pada pelayanan. Fokus kita kedepan bagaimana mengawasi hasil perizinan dapat terpantau oleh Pemerintah Daerah. Dengan potensi Sarolangun yang ada saat ini, kita harapkan mall pelayanan publik ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

” Selamat launching ini, mari kita bekerja dengan baik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim launching pelayanan terpadu di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sarolangun pada hari ini resmi kami launching,” kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jambi Alharis juga memberikan bantuan secara simbolis anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri serta pemberian penghargaan kepada perusahaan yang telah melaksanakan program CSR dengan baik.

Poto bersama dalam penyerahan secara simbolis ADM dan Penghargaaan kepada perusahaan

Selain itu, Gubernur Jambi Alharis didampingi PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran juga melakukan pelepasan balon ke udara launching Mall Pelayanan Publik serta diakhir dengan peninjauan gerai pelayanan terpadu yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU