Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHLaunching Peluncuran Pilkada Serentak Tahun 2024 Di Sarolangun Berlangsung Sukses

Launching Peluncuran Pilkada Serentak Tahun 2024 Di Sarolangun Berlangsung Sukses

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, anggota KPU Provinsi Jambi dan jajaran forkompinda Sarolangun saat melakukan peluncuran pilkada Serentak tahun 2024 di Kabupaten Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan launching peluncuran Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Sarolangun berlangsung dengan sukses, Rabu (10/07/2024) di Glora Sport Center Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, anggota KPU Provinsi Jambi Fahrul Rozi, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I beserta jajaran komisioner, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, Dandim 420/Sarko Letkol Inf Suyono.

Selain itu hadir juga, jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, Para ketua KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, Para asisten dan staf ahli Bupati, kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, partai politik, PPK dan PPS se-Kabupaten Sarolangun dan ribuan masyarakat Sarolangun.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid mengatakan bahwa kegiatan ini menindaklanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 620 Tahun 2024 tanggal 29 Mei 2024 Tentang Pedoman Teknis Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota.

” Alhamdulillah antusias masyarakat Sarolangun cukup tinggi untuk menyaksikan peluncuran pilkada serentak di kabupaten Sarolangun. Ayo kita ciptakan pilkada yang damai agar terhindari dari perpecahan,” katanya.

Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid memberikan plakat kepada PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Ahmad Mujaddid juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun serta jajaran forkopimda Sarolangun, yang telah bersinergi dalam melaksanakan mensukseskan pemilu tahun 2024, khususnya pilkada serentak dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun pada 27 November 2024 mendatang.

” Kabupaten Sarolangun sudah siap melaksanakan pilkada serentak. Dimana hibah 28 miliar lebih telah dicairkan oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun,” katanya.

” Kita sudah menetapkan 30 anggota DPRD terpilih. Jangan lupa pada tanggal 27 November 2024 kita akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun,” kata dia menambahkan.

Untuk saat ini, tahapan pilkada serentak 2024 lanjut Mujaddid, masih sedang tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan petugas Pantarlih dengan mendatangi rumah-rumah warga hingga berakhir nanti pada tanggal 24 Juli 2024.

” Saat ini juga sedang masa tahapan verifikasi faktual untuk calon perseorangan atau jalur independent,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan melalui launching  diharapkan masyarakat untuk datang ke TPS nanti pada tanggal 27 November 2024 dalam menggunakan hak suaranya pada pilkada Sarolangun.

Pemkab Sarolangun bersama KPU mentargetkan partisipasi pemilih pada pilkada Sarolangun ini mencapai sebesar 83,5 persen.

” Sebelum tanggal 27 November ada beberapa rangkaian tahapan pelaksanaan pilkada serentak yang saat ini masa tahapan coklit data pemilih. Data kependudukan jumlah pemilih 209.232 pemilih, dan 856 TPS, dan sekarang kita sedang menunggu hasil coklit oleh anggota pantarlih yang di tunjuk oleh KPU Sarolangun,” katanya.

” Peluncuran ini adalah bagian dari tahapan pilkada serentak tahun 2024. Total hibah 38 miliar, untuk kpu Sarolangun sebesar Rp 28,3 miliar lebih dan Bawaslu Rp 9,9 miliar lebih dan untuk pengamanan polres sebesar Rp 2,5 miliar dan TNI,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pemilukada di Kabupaten Sarolangun. dengan jujur, adik, kondusif dan aman, sebagaimana pada pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden bulan februari 2024 lalu yang berjalan dengan lancar.

” Pilkada 2024 kita berharap pemilih cerdas dan pemimpin berkualitas. Saya juga menekankan untuk seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sarolangun menjaga netralitas ASN baik PNS maupun PPPK,” katanya.

” 27-29 Agustus 2024 nanti akan memasuki tahapan pendaftaran para calon kepala daerah, dan kita harapkan saat tahapan pendaftaran calon tersebut berjalan dengan baik, aman dan lancar hingga nanti tahapan masa kampanye. Saya berharap pilkada serentak di Kabupaten Sarolangun berlangsung aman dan kondusif serta tercipta pemilu yang berkualitas,” kata dia menambahkan.

Poto bersama dengan para penerima doorprize

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, anggota KPU Provinsi Jambi Fahrul Rozi, beserta seluruh jajaran forkompinda Sarolangun melakukan peluncuran pilkada serentak ditandai dengan penekanan tombol sirene, serta diakhiri dengan kegiatan penyerahan plakat, pemberian doorprize bagi yang beruntung dan hiburan rakyat dengan mendatangkan artis dan Guess Star.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU