Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHLSM SP3LH Sebut PT AJC Serobot Lahan Warga

LSM SP3LH Sebut PT AJC Serobot Lahan Warga

 

Asisten I Setda Sarolangun Arif Ampera Saat memimpin mediasi bersama LSM SP3LH terkait Aktivitas Tambang Batubara PT AJC

KABAR SAROLANGUN –Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suaka Pelestari, Pelindung, Penjaga Lingkungan Hidup (SP3LH) menyebut PT Anugerah Jambi Coalindo (AJC) yang bergerak dibidang tambang batubara diduga melakukan penyerobotan lahan milik warga.

Hal itu dikatakan Ketua LSM SP3LH, Sukiman kepada sejumlah awak media usai menghadiri pertemuan bersama Asisten I Setda Sarolangun Arief Ampera, Senin (12/09/2022) di Kantor Bupati Sarolangun.

Menurut Sukiman, bahwa di duga perusahaan sudah melakukan penyerobotan lahan warga bernama Nurholbi seluas 54 hektar sudah beberapa bulan terakhir ini, yang berada di KM 17 Desa Lubuk Napal, Kecamatan Pauh.

“Masalah penyerobotan lahan bibi Nurholbi yang diserobot oleh PT AJC, sudah beberapa lahan kami diserobot belum dapat kejelasan, perusahan janji mau bayar tapi tidak mau bayar juga,” katanya.

Jika tidak kejelasan dalam Minggu ini, kata Sukiman, pihaknya akan menghentikan mobil untuk holing ke Jambi pada Minggu depan. Namun ia berharap agar persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik.

“Ini kasus mafia tanah, masih dikuasai oleh PT AJC, minta tolong disampaikan kepada bapak presiden dan Bapak Kapolri untuk dibasmi mafia tanah karena hancur masyarakat kalau seperti ini,” katanya

“Saya tidak tahu menahu, siapa yang menjualnya ke pihak PT AJC, yang kami tahu tanah itu punya Nurholbi dan yang kerja disana kan AJC, dialah yang menyerobot, kebun karet sudah habis di gusur, batubara sudah dibawa ke Jambi empat bulan ini,” kata dia menambahkan.

Dalam mediasi yang berlangsung di ruangan Asisten I Setda Sarolangun itu tampak dihadiri Asisten I Pemerintah Setda Sarolangun Drs H Arif Ampera, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, S.Pd.I, M.Pd.I, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf, SH, Kasat Intelkam AKP Sukman, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor Abdul Aziz, Ketua LSM SP3LH Sukiman Beserta anggota Anggota LSM SP3LH.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments