PJ Bupati Bachril Bakri didampingi Kadis LHD Kurniawan saat melihat sampah yang berserakan di lokasi TPS liar di jalan tengah kota Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghimbau kepada masyarakat Sarolangun untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, seperti yang terjadi di jalan lintas tengah kota Sarolangun tepatnya di Kelurahan Aur Gading-Glora Sport Center Sarolangun.

Di lokasi tersebut banyak ditemukan sampah berserakan di pinggir jalan tengah kota Sarolangun, yang mengakibatkan aroma tak sedap dan mengakibatkan pemandangan kota yang tidak bersih dan indah.

Atas kondisi tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran OPD terkait, khususnya Dinas Lingkungan Hidup Daerah (LHD) Sarolangun melakukan kegiatan gotong royong bersama membersihkan sampah tersebut dan melakukan penanaman pohon yang dibarengi dengan kegiatan peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan masyarakat sarolangun harus meningkatkan kesadaran untuk dapat membuang sampah pada tempatnya yang telah disediakan dan tepat waktu sebagaimana yang telah diatur oleh dinas LHD Sarolangun.

” Kita ingin menata pembuangan sampah di kota Sarolangun, kita menghindari dan melarang masyarakat untuk buang sampah sembarangan seperti di lokasi ini,” katanya.

Untuk memudahkan masyarakat membuang sampah, Kata Bachril, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menempatkan satu kontainer sampah di lokasi yang kerap dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah liar.

” Dan untuk mengatasi itu kita akan bersihkan dan kita tempatkan satu kontainer sampah disini sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan melainkan ke kontainer sampah yang disiapkan. Karena kalau buang sampah sembarangan mencemari lingkungan dan mengeluarkan bau tidak sedap,” katanya.

Satu kontainer sampah yang ditempatkan oleh dinas LHD Sarolangun

Terpisah, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan mengatakan bahwa penempatan satu kontainer sampah ini tentunya diharapkan masyarakat dapat membuang sampah secara langsung ke dalam kontainer dan tidak lagi membuang sampah di luar kontainer yang mengakibatkan sampah berserakan.

” Satu kontainer di sini di tempat TPS liar, setelah kita bersihkan dan tanami pohon, LH juga memberikan satu kontainer supaya masyarakat bisa membuang sampah langsung di dalamnya,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap