Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDAERAHMelalui Dana Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen...

Melalui Dana Insentif Fiskal Kemiskinan Ekstrem, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Perdana Ayam Petelur Di Desa Batu Putih 

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta ibu Ny Indah Dewi saat panen perdana ayam petelor di Desa Batu Putih

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyalurkan bantuan untuk budidaya ayam petelor bagi petani di Dusun II Sido Mukti, Desa batu Putih, Kecamatan Pelawan.

Bantuan tersebut melalui anggaran dana Insentif Fiskal pada kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam penghapusan kemiskinan ekstrim pada tahun 2023 lalu.

Dibawah kepemimpinan PJ Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Pemkab Sarolangun pun memberikan bantuan kepada peternak bernama Satriyono, untuk budidaya ayam petelor tersebut sebanyak 750 ekor.

Setelah beberapa bulan, akhirnya budidaya ayam petelor inipun membuahkan hasil dengan banyaknya telor ayam setiap harinya di kandang ayam petelor yang dikelola oleh Satriyono.

Pada hari Sabtu (27/04/2024) sore, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta Ketua PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril, Kadis akan Dulmuin, SP, Camat Pelawan Sibawaihi, Kades Batu Putih Mulyono beserta petani Satriyono melakukan panen perdana ayam petelor tersebut.

Poto bersama di depan kandan peternakan ayam petelor

Bachril Bakri pun mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan budidaya ayam petelor ini sehingga memang program bantuan tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat.

” Ini adalah potensi peternakan yang kita bantu melalui dana fiskal dan memberikan langsung manfaat kepada masyarakat. Kemarin kita mendapatkan dua dana fiskal yakni dana fiskal kinerja atas keberhasilan pengendalian inflasi dan dana fiskal kinerja dalam penuntasan kemiskinan ekstrem totalnya mencapai Rp 16 miliar,” katanya.

” Salah satu bantuan yang kita lakukan adalah bantuan peternak ayam petelur dan saya sangat bangga dan senang hasil pengelolaan ayam petelur ini karena untuk satu ayam itu setiap harinya ada satu telur,” kata dia menambahkan.

Selain itu, Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa Di Kabupaten Sarolangun ini memang sangat berpotensi sekali untuk pengembangan ternak baik ayam Petelor, sapi, kerbau, ataupun ayam broiler, serta potensi perikanan.

” Selama kami jadi PJ Bupati baru kali ini kami melihat langsung peternakan, yang menurut kami potensinya cukup besar bagi Sarolangun, kita bisa mengembangkan ternak untuk mengembangkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU