Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHMeriahkan HUT Sarolangun Ke-23, Penjabat Bupati Sarolangun Buka Lomba Pacu Perahu Naga

Meriahkan HUT Sarolangun Ke-23, Penjabat Bupati Sarolangun Buka Lomba Pacu Perahu Naga

 

Penjabat Bupati Henrizal bersama forkompinda Poto bersama dengan para atlit dayung

KABAR SAROLANGUN – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sarolangun ke-23 tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelarkan kegiatan hiburan rakyat berupa lomba pacu perahu naga, di sungai Batang Tembesi, Ancol Sarolangun, Senin (24/10/2022).

Kegiatan lomba pacu perahu naga ini dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, didampingi Ibu Ny Harvedrida Henrizal, S.Pd, yang berlangsung dengan sukses.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Perwakilan Kejari Sarolangun, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Sarolangun, Kadisparpora Sarolangun H Kasiyadi, S.Ip, ME serta Para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, Ketua KONI Sarolangun Hamdan, Para manager tim serta para atlit dayung.

Dalam laporannya Kadisparpora Sarolangun Kasiyadi mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Penjabat Bupati Sarolangun serta semua pihak dalam pelaksanaan kegiatan lomba pacu perahu naga ini, dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sarolangun yang ke-23 pada tahun 2022 ini.

“Kegiatan pacu perahu naga ini diikuti sebanyak 16 tim dari seluruh kecamatan dalam wilayah kabupaten Sarolangun. Bila ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami berharap agar para tim menjungjung tinggi sportivitas dan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Penjabat Bupati Henrizal beserta ibu Ny Harvedrida, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Kapolres AKBP Anggun Cahyono dan Dandim 0420/Sakro Letkol INF Amaraldo Cornelius

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa kegiatan lomba pacu perahu naga ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat seluruh elemen masyarakat untuk memajukan daerah khususnya dalam melestarikan budaya daerah serta kearifan lokal.

“Kegiatan ini kedepan diharapkan agar tetap dilaksanakan, bila perlu untuk dapat terus ditingkatkan. Karena Kabupaten Sarolangun ini identik dengan lomba pacu perahu atau balumbo biduk, dalam rangka melestarikan budaya Kabupaten Sarolangun. Pelaksanaan kegiatan pada hari ini bukanlah mencari siapa yang hebat atau siapa yang juara, tapi intinya mencari partisipasi dalam ajang pelaksanaan lomba pacu perahu ini untuk meriahkan HUT Sarolangun,” katanya.

Henrizal juga menjelaskan lomba pacu perahu naga ini berbeda dengan yang sebelumnya pada perlombaan pacu perahu, dimana kali ini para atlit harus mendayung dengan melawan arus sungai, dan pelaksanaan ini disambut baik oleh masyarakat Sarolangun yang mendatangi lokasi untuk menyaksikan langsung lomba pacu perahu naga ini.

“Kita tahu Iven lomba perahu ini, biasanya di hari raya idul Fitri. Dan untuk peringatan hari ulang tahun Sarolangun baru pertama kali kita laksanakan dengan tujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Sarolangun. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan lomba pacu perahu naga dalam rangka HUT Kabupaten Sarolangun tahun 2022 yang ke-23 secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Dua tim atlit dayung saat berpacu hingga hari finish

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM bersama forkompinda Sarolangun menyerahkan alat dayung kepada para atlit secara simbolis tanda dibukanya lomba pacu perahu naga serta memandu langsung pertandingan perdana tim dayung yang ikut berlomba.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments