MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023 Resmi Ditutup

0
PJ Bupati Bachril Bakri memberikan piala dan piagam penghargaan kepada qori dan Qoriah yang berprestasi
Wagub Jambi Abdullah Sani, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kakanwil Kemenag Jambi Zostafia, dan Ketua Dewan Hakim MTQ Hadri Hasan

KABAR SAROLANGUN – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-52 tingkat Provinsi Jambi ke-52 Tahun 2023 secara resmi telah ditutup oleh Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, M.Pd.I, Selasa (29/08/2023) malam di arena utama MTQ, lapangan gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kakanwil Kemenag Prov. Jambi Zostafia, anggota DPD RI, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Para Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun, Ketua dewan Hakim MTQ Provinsi Jambi Prof. Dr H Hadri Hasan, MA beserta jajaran dewan hakim, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH beserta jajaran forkompinda Sarolangun.

Selain itu hadir juga Penjabat Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril beserta jajaran, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Ketua MUI Sarolangun Drs H Maryadi Syarif, M.Pd, Wakil Bupati Sarolangun Priode 2017-2022 H Hillalatil Badri, Para Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Provinsi Jambi, Para kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun, para kafilah Kabupaten/Kota dan ribuan masyarakat Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri dalam laporannya mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya perhelatan Akbar MTQ Provinsi Jambi secara keseluruhan telah berjalan dengan baik, aman, lancar dan sukses yang berlangsung dari 23 s.d 30 Agustus 2023.

Hal itu tidak lepas dari sumbangsih dari jajaran panitia pelaksana baik dari Pemerintah Provinsi Jambi maupun Pemerintah Kabupaten serta seluruh stake holder terkait atas kontribusi dalam mensukseskan MTQ provinsi Jambi, dan jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun.

” Semoga melalui pelaksanaan MTQ ini dapat meningkatkan ukuwah Islamiyyah dan melahirkan qori dan Qoriah yang berprestasi di Provinsi Jambi. Kami menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan MTQ ini banyak tantangan, tapi dengan semangat kebersamaan dan nilai-nilai qur’ani diantara kita semua tantangan tersebut dapat diatasi dengan baik,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Sebagai tuan rumah, Kata Bachril Bakri, Pemkab Sarolangun sudah semaksimal mungkin dalam mensukseskan MTQ provinsi Jambi, namun kami menyadari dan memohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan MTQ Provinsi Jambi ini.

Pelaksanaan MTQ kali ini bukan saja untuk mensyiarkan agama, menjalin ukuwah Islamiyyah, tapi juga bisa meningkatkan UMKM di Sarolangun, yang diperkirakan perputaran ekonomi selama MTQ berlangsung mencapai lebih kurang Rp 3 Miliar.

” Ada 81 stand kelompok pedagang UMKM yang mengisi stand yang ada di wilayah sekitar arena utama MTQ ini, terdiri 50 kuliner, 7 fashion, 5 lokasi. Pendapatan pedagang dari 200 ribu perhari menjadi 500 ribu perhari, dan penjual nasi uduk dari 1 juta perhari naik sebesar Rp 3 juta perhari. Jumlah pengunjung 4.500 orang, selama MTQ ini dan 1.225 peserta, maka kami perkirakan mencapai Rp 3 Miliar perputaran uang selama MTQ ini berlangsung,” katanya.

” Kami ucapkan selamat kepada qori dan Qoriah yang berhasil meraih prestasi dalam MTQ provinsi Jambi, bagi yang belum menang agar tidak berkecil hati dan teruslah meningkatkan kompetensi di masa yang akan datang,” kata dia menambahkan.

PJ Bupati Bachril Bakri memberikan piala dan piagam penghargaan kepada qori dan Qoriah yang berprestasi

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT bahwa tahapan MTQ ke-52 Provinsi Jambi di kabupaten Sarolangun yang di cintai ini sudah masuk tahapan penghujung dan pelaksanaan MTQ berjalan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan dan rencanakan bersama.

” Terlaksananya MTQ ini dengan baik tentu atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas serta kolaborasi dan sinergi semua pemangku kepentingan dan partisipasi atas dukungan semua pihak khususnya seluruh masyarakat Sarolangun,” katanya.

Wagub juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan seluruh masyarakat Sarolangun atas suksesnya MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 ini, serta seluruh masyarakat dan tokoh masyarakat khususnya para kiai, para alim ulama, Ninik mamak dan tokoh masyarakat yang telah bersama-sama mendukung pelaksanaan MTQ yang sudah berlangsung ini.

” Sejak dilaksanakan lomba bacaan Alquran tahun 1946 di Asahan, Sumatera Utara dan MTQ di tahun 1968, tujuan MTQ ini adalah syair agama dan syiar alquran. Tujuan lainnya dalam rangka mencari dan menemukan bibit-bibit qori dan Qoriah dengan seluruh cabang yang berpotensi untuk dikembangkan dan untuk menyiapkan MTQ ke tingkat nasional. Kemudian juga untuk memotivasi seluruh masyarakat dalam membaca dan memahami Alquran,” katanya.

Dalam momen MTQ ini, Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk menanamkan kecintaan kepada Alquran kepada para generasi muda kita, anak-anak muda, dan menanamkan keimanan dan ketekunan belajar Alquran beserta seluruh isi kandungan Alquran.

” Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditutup,” katanya.

PJ Bupati Bachril Bakri dampingi Wagub Jambi Abdullah Sani dalam penyerahan piala juara umum MTQ Ke-52 tingkat Provinsi Jambi

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, dan kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Zostafia menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada para qori dan Qoriah yang meraih juara, serta pemberian piala juara umum MTQ ke-52 Tingkat Provinsi Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi.

Dalam kesempatan itu juga Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri menerima piala dan penghargaan juara mobil hias pawai ta’aruf MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 dari Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani.

Untuk peringkat Rangking I s.d XI Daerah terbaik Kabupaten/Kota pada MTQ Provinsi Jambi Ke-52 Tahun 2023, sebagai berikut :

1. Kota Jambi dengan nilai 104
2. Tanjung Jabung Barat dengan nilai 79
3. Tanjung Jabung Timur dengan nilai 55
4. Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Sarolangun dengan nilai 50
5. Kota Sungai Penuh dengan nilai 45
6. Kabupaten Muaro Jambi dengan nilai 42
7. Kabupaten Bungo dengan nilai 19
8. Kabupaten Merangin dengan nilai 16
9. Kabupaten Tebo dengan nilai 5
10. Kabupaten Kerinci dengan nilai 3

Penulis : A.R Wahid Harahap