Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHParulian Hutabarat Jabat Kalapas Kelas IIB Sarolangun, Plh Sekda Sarolangun : Kerjasama...

Parulian Hutabarat Jabat Kalapas Kelas IIB Sarolangun, Plh Sekda Sarolangun : Kerjasama Pemda Terus Dilanjutkan

Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendri, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jambi Lili, Kalapas Sarolangun yang lama Irwan dan Kalapas Sarolangun yang baru Parulian Hutabarat

KABAR SAROLANGUN – Jabatan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sarolangun saat ini resmi berganti, penjabat yang lama Irwan, A.Md.IP, MH, digantikan penjabat yang baru Parulian Hutabarat, S.IP, MH.

Mutasi kalapas Sarolangun tersebut dilakukan serah terima jabatan dan penyerahan buku memori, Rabu (25/10/2023) di Gazebo Lapas Kelas IIB Sarolangun, yang berlangsung dengan lancar.

Diketahui Kalapas Sarolangun yang lama, Irwan pindah tugas sebagai Kalapas Kelas IIB Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi Lili, SH, MH, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, Kasi Pidum Kejari, Danramil 420-01 Batang Asai Kapten INF M Suhadi, jajaran forkompinda Sarolangun, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, jajaran lapas kelas IIb Sarolangun dan tamu undangan lainnya.

Kalapas Sarolangun yang lama Irwan dalam sambutannya mengatakan bahwa pada prosesnya setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, ini merupakan hal yang lumrah.

Selama dirinya menjabat sebagai Kalapas Sarolangun selama lebih kurang 5 tahun 1 bulan 28 hari tentu banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan.

” Saya masuk disini, dua dikali Lantik karena kelas IIB Sarolangun ini sebelumnya kelas IIIB, tentu ada perubahan nomenklatur. Pada kesempatan ini juga, Alhamdulillah selama saya di lapas Sarolangun ini bahwa untuk perubahan mindset petugas lapas dan warga binaan,” katanya.

Penandatanganan berita acara Sertijab kalapas Sarolangun

Iapun berharap dengan kalapas Sarolangun yang baru nanti dapat meningkatkan program kerja dan meneruskan program yang sudah dilakukannya, khususnya Program menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), pembinaan kepribadian bagi warga binaan dengan sholat berjamaah dan sehabis sholat kultum bergilir.

” Tentu selama melaksanakan tugas kami disini, masih banyak hal yang belum terlaksana dengan baik, dan semoga Kalapas yang baru bisa melanjutkan program yang masih menjadi PR, dan saya mengucapkan terima kasih kepada semua stake holder yang telah mendukung kemajuan kegiatan pembinaan warga binaan,” katanya.

Sementara itu, Kalapas Sarolangun yang baru Parulian Hutabarat mengatakan bahwa  dirinya akan siap melanjutkan kinerja kalapas yang lama, meski begitu ia pun mengharapkan dukungan dan bimbingan dari kadivpas kemenkumham Jambi, jajaran forkompinda Sarolangun.

” Di Lapas Sarolangun ini sudah banyak kemajuan, mohon dukungan juga dari seluruh rekan-rekan dari teman-teman di lapas sarolangun, pasti bisa untuk menjalankan program kerja dengan baik. Terima kasih atas dedikasi dan kinerja Kalapas Sarolangun yang lama, dan selamat bertugas di lapas argamakmur, Bengkulu, semoga sehat dan sukses,” katanya.

Selain itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lili mengatakan bahwa mutasi dan rotasi adalah hal yang biasa terjadi dengan tujuan untuk penyegaran, meningkatkan kinerja dan menambah pengalaman. Untuk kalapas Sarolangun yang baru, iapun meminta agar meningkatkan apa yang sudah dilakukan program kalapas yang lama, semoga lapas Sarolangun terus bisa lebih baik lagi.

” Saya baru dua Minggu menjadi kadiv pemasyarakatan Jambi, tapi saya sudah mendengar tentang lapas Sarolangun, tentang prestasi inovasi yang dilakukan, kegiatan pembinaan kepribadian, WBK sudah tiga kali masuk tahap TPM. Kegiatan kemandirian banyak sekali, ada cucian motor, perikanan, pelatihan kerja,” katanya.

Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si

Pada kesempatan yang sama, Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendri juga mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengucapkan selamat datang kepada Kalapas Sarolangun yang baru Parulian Hutabarat di Kabupaten Sarolangun untuk melaksanakan tugas sebagai kalapas kelas IIB Sarolangun, menggantikan kalapas Sarolangun yang lama Bapak Irwan sejak tahun 2018 yang lalu.

” Kalapas Sarolangun yang lama tentu sudah banyak melakukan program kerja yang sangat bagus dan kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian tersebut, dan semoga sukses dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru dan hubungan silaturrahmi juga tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Iapun berharap dengan kalapas Sarolangun yang baru ini, pihaknya meyakini akan bisa melaksanakan tugas dengan baik dengan adanya segudang pengalaman yang telah dimiliki, dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga berharap agar terus bersinergi dengan forkompinda Kabupaten Sarolangun.

” Harapan kami kedepan, sekiranya ada warga binaan yang keluar dari lapas kelas IIB Sarolangun, tidak lagi masuk ke lapas Sarolangun, kita menyayangkan kalau masih ada yang berulang-ulang. Maka dari itu perlu pembinaan yang baik sehingga bisa berguna di tengah masyarakat setelah keluar dari lapas Sarolangun ini,” katanya.

” Kami berharap apa yang sudah dikerjasamakan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sarolangun, kami akan siap membantu seperti kerja sama Disnaker, dinas TPHP, dan izin klinik lapas sarolangun ini akan kita lakukan proses perizinan nya di PTSP,” kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut, Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendry beserta seluruh jajaran forkompinda sarolangun  juga menyerahkan cindera mata serta mengucapkan selamat kepada kalapas Sarolangun yang baru dan kalapas Sarolangun yang lama.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU