Pemkab Sarolangun Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

0
Penjabat Bupati Henrizal, Sekda Endang Naser, Kepala Bappeda Muhammad dalam kegiatan rakor Penanggulangan kemiskinan

 

Penjabat Bupati Henrizal, Sekda Endang Naser, Kepala Bappeda Muhammad dalam kegiatan rakor Penanggulangan kemiskinan

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) 2022, Selasa (08/11/2022) di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt.,MM, yang turut dihadiri Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Bappeda Sarolangun H.Muhammad dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Kepala Bappeda H.Muhammad dalam laporannya mengatakan, Rakor ini dilaksanakan untuk mengevaluasi program penanggulangan kemiskinan pada tahun berjalan dan strategi tahun mendatang yang akan dilakukan oleh Pemkab Sarolangun. Dimana untuk data kemiskinan di Kabupaten Sarolangun pada tahun 2021 sekitar 8.87 persen.

” Kita berharap semua stake holder membangun sebuah sistem yang menjadi sebuah program, dapat mengidentifikasi penyebab kemiskinan sehingga bisa dirumuskan formula yang efektif dan bisa mengukur sampai sejauh mana efektifitas dari program, sehingga bisa menanggulangi kemiskinan,” katanya.

Para kepala OPD yang hadir

Selain itu, permasalahan saat ini di nilai sangat penting dalam menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Sarolangun, diantaranya, akurasi data yang belum sinkron, belum bisanya daerah terlupa, terpencil dan terpelosok untuk swasembada kebutuhan pokok.

” Selain itu permasalahan lain yang dihadapi dalam menanggulangi kemiskinan belum terintegrasinya program penanggulangan kemiskinan, masih rendahnya kesadaran masyarakat, infrastruktur dan masih banyak daerah blankspot,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, mengatakan bahwa penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Untuk itu, kepada saudara-saudara perangkat Daerah untuk dapat bekerjasama serta saling bahu membahu agar target tersebut dapat tercapai,untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan khususnya di Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Penjabat Bupati Henrizal, S.Pt, MM

Henrizal juga menghimbau kepada seluruh perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Sarolangun agar mengoptimalkan pelaksanaan koordinasi penanggulangan kemiskinan melalui rapat-rapat tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Daerah (TKPKD).

” Saya meminta agar agar memperhatikan kondisi masyarakat di wilayah dengan melakukan fungsi kontrol dan pengendalian setiap program yang di buat oleh perangkat Daerah agar ketepatan sasaran dengan sinkronasi data antara sesama OPD,” katanya.

Terakhir Henrizal berharap apa yang dihasilkan dari pelaksanaan Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) ini baik berupa saran, rekomendasi, serta tindak lanjut yang dibutuhkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah kita.

” Semoga dengan Rakor ini kita mendapatkan solusi dalam menanggulangi kemiskinan di kabupaten kita,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap