Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Gelar Rakor Pengamanan Kegiatan MTQ Provinsi Jambi Tahun 2023

Pemkab Sarolangun Gelar Rakor Pengamanan Kegiatan MTQ Provinsi Jambi Tahun 2023

Tampak pelaksanaan rakor pengamanan MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan rapat koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan pengamanan selama kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Jambi yang ke-52 tahun 2023, yang bakal berlangsung pada 21-29 Agustus 2023 mendatang di Kabupaten Sarolangun sebagai tuan rumah ajang tersebut.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc diwakili Asisten I Setda Sarolangun Drs H Arief Ampera, yang berlangsung pada Rabu (26/07/2023) siang di Ruang Pola Utama Kantor Bupati Sarolangun.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf, SH, MH, Pasi OPS Kodim 0420/Sarko, Pasi Ops Kodim 0420/Sarko Lettu Inf Hengki, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Danramil 420-04 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyanto SH MH, Kanit Turjuwali Polres Sarolangun Ipda Teguh H,  Kadis Damkar Trianto, S.IP, ME, Kalaksa BPBD Sarolangun Solahuddin Nopri, Kabag Kesra Puadi, S.Ag dan jajaran OPD terkait.

Dalam penyampaiannya, Asisten I Setda Sarolangun Arief Ampera mengatakan bahwa dalam pengamanan pelaksanaan MTQ Provinsi Jambi tentu sangat dibutuhkan sinergitas aparat keamanan khususnya satpol PP, TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Damkar Sarolangun.

Salah satunya dalam penataan lokasi parkir pada saat kegiatan open Ceremony yang berlangsung di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

” Untuk tempat parkir VVIP Gubernur serta Pemerintah Kabupaten Sarolangun berlokasi di BPKAD dan Dinkes, sementara untuk parkir kepala dinas di instansi pemerintah kabupaten Sarolangun berlokasi di kantor inspektorat dan P3A,” katanya.

Namun bila berkaca pada pengalaman yang dulu bahwa kegiatan MTQ ini bisa terjadi kemacetan arus lalu lintas, maka dari itu perlu diantisipasi bagaimana cara mengatur agar lalulintas sehingga tidak terjadi kemacetan mengingat lokasi jalan yang tidak terlalu luas.

” Perlu di perhatikan dengan cermat dimana akan diletakkan lokasi parkir, untuk semua kendaraan tanpa terkecuali pada saat acara nanti tidak ada yang parkir di bibir jalan. Untuk parkiran sepeda motor kata Arief, bertempat di halaman kantor sat pol PP Sarolangun,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol Bastari Yusuf mengatakan bahwa pihaknya beserta semua pihak yang terlibat diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Sarolangun di saat berlangsungnya acara nanti.

” Sebagai tuan rumah kita harus saling bersinergi dalam bertugas demi berjalan lancar nya acara MTQ tingkat provinsi Jambi nanti,” katanya.

Rakor ini pun membahas beberapa poin di antaranya lokasi parkir tempat, rute pawai MTQ, pemondokan khafilah serta rincian uraian kegiatan nantinya.

Beberapa gedung di instansi Pemerintahan Kabupaten Sarolangun juga di gunakan sebagai cabang lomba Pada pagelaran MTQ tingkat Provinsi Jambi di antaranya , Aula kantor bapeda cabang lomba fahmil dan syahril Qur’an serta gedung DPRD Sarolangun yang menjadi tampat di helatnya cabang karya tulis ilmiah.

” Untuk kapasitas yang kami rekomendasikan di lapangan gunung kembang sebanyak 5000 orang. Ada tempat rawan kemacetan pada saat kegiatan pawai seperti jembatan Beatrix dan jalan jalan poros yang akan di gunakan dan akan dilaksanakan rekayasa lalulintas,” katanya.

” Perlu adanya lokasi parkir dan dilaksanakan pengamanan yang diperketat pada kegiatan. Disini bukan hanya satu lokasi yang di jadikan tempat perlombaan yang mana seluruh lokasi perlu kita lakukan pengamanan,” kata dia menambahkan.

Disisi lain, Danramil Sarolangun Mayor Inf Abdul Azis juga mengaku akan mendukung penuh kegiatan MTQ di Kabupaten Sarolangun, pihaknya siap membantu pada sektor pengamanan selama kegiatan tersebut berlangsung. Iapun menyarankan agar wajah kota Sarolangun pada saat acara nanti harus di pastikan sudah benar-benar steril.

” Kami akan menunggu permintaan dari kepolisian berapa personil yang di butuhkan untuk pengamanan. Perlu diadakan apel bersama sebelum pelaksanaan kegiatan apa siapa dan berbuat apa.

Selain itu, Kasat Pol PP Sarolangun mengatakan bahwa Satpol PP sudah menyiapkan untuk menempatkan personil sesuai dengan tempat yang telah di tentukan.

Pada prinsipnya, pihaknya akan mengikuti SOP yang bakal diterapkan oleh Polres Sarolangun sebagai pengendali operasi pengamanan MTQ.

” Kami dari pol pp sepakat dengan apa yang sudah di tetapkan, insa Allah pol PP dengan kekuatan personil penuh sebanyak 70 orang siap memandu kelancaran acara. Kami juga sudah menempatkan personil kami di semua titik lokasi perlombaan. Nanti akan di buatkan tenda posko pengamanan di lapangan gunung kembang,” katanya.

Penulis : M. Imat Nudin
Editor : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments