Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Gelar Rakorlitbang Daerah Tahun 2022

Pemkab Sarolangun Gelar Rakorlitbang Daerah Tahun 2022

Penjabat Bupati Berikan Penghargaan Terinovatif Bagi OPD

PJ Bupati Henrizal, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad dan para narasumber

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan Daerah (Rakorlitbangda) Kabupaten Sarolangun tahun 2022, Kamis (15/12/2022) di Aula Bappeda Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM yang berlangsung dengan lancar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Balitbangda Provinsi Jambi Syahrial, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad, S.Ag, Kepala BKPSDM Sarolangun H A Waldi Bakri, S.Ip, S.Sos, MM, Kadis Kominfo Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari, SE, Kepala Inspektorat Sarolangun Henriman, S.Sos, Kabid Litbang Bappeda Sarolangun Alkhawarizmi, Para camat se-Kabupaten Sarolangun dan Para lurah se-Kabupaten Sarolangun serta tamu undangan lainnya.

Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad

Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini didasari atas Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah, Keputusan bersama, serta Permendagri tentang penguatan sistem inovasi daerah.

Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, sudah banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melakukan berbagai inovasi di instansi masing-masing, sehingga pada tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Sarolangun mendapatkan penghargaan terinovatif ketiga se-Provinsi Jambi.

” Sarolangun menjadi kabupaten/kota terinovatif nomor tiga se-Provinsi Jambi, ada 32 inovasi yang sudah dilakukan,” katanya.

Kata Muhammad juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah sehingga tidak ada Perencanaan tanpa ada kajian, serta juga dalam rangka memberikan apresiasi kepada pimpinan OPD yang sudah berinovasi di OPD yang dipimpinnya.

” Tidak ada perencanaan tanpa ada kajian, dan kajian itu yang harus mutlak dilaksanakan. Peserta kegiatan ini seluruh pimpinan OPD, para kasubbag program di masing OPD. Nara sumber kegiatan ini ada dua orang, dari Balitbangda Provinsi Jambi,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.pt, MM

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa memang sangat penting sekali adanya inovasi dalam melaksanakan program pemerintah daerah apalagi di era digital saat ini, tentu banyak hal inovasi yang bisa dilakukan oleh seluruh OPD dalam meningkatkan kinerja pemerintah.

” Hampir seluruh peserta diklatpim mereka semua melalukan inovasi dalam proyek perubahan. Dalam kesempatan ini saya meminta seluruh peserta untuk memahami pentingnya penelitian dan pengembangan (Litbang) dalam mengambil keputusan untuk melaksanakan inovasi. Dengan bismillahirrahmanirrahim kegiatan Rakorlitbangda tahun 2022 saya nyatakan dibuka,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, penjabat Bupati Sarolangun Henrizal juga melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada OPD yang berprestasi dalam pengukuran indeks inovasi daerah Pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2022.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal Poto bersama kepala OPD yang menerima penghargaan terinovatif

Penerima penghargaan OPD terinovatif di lingkungan Pemkab Sarolangun, yakni terinovatif pertama diberikan kepada BKPSDM Sarolangun dengan inovasi manajemen talenta dan compentency development system ( C.Desy), terinovatif kedua diberikan kepada Bagian Hukum setda Sarolangun dengan inovasi JDIH Sarolangun berbasis android, dan terinovatif ketiga diberikan Diskominfo Sarolangun dengan inovasi Si Tatang E Lok (Sistem Tanda Tangan Elektronik).

Penulis : A.R Wahid Harahap

 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments