Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Gelar Sosialisasi Implementasi Keamanan Informasi dan Penyelenggaraan SPBE

Pemkab Sarolangun Gelar Sosialisasi Implementasi Keamanan Informasi dan Penyelenggaraan SPBE

Asisten III Hazrian, BSSN Selaku Nara Sumber dan Kadis Kominfo Muhammad Idrus

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan sosialisasi Implementasi Keamanan Informasi dan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Rabu (15/03/2023) di aula Kantor BPKAD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM yang diwakili Asisten III Setda Sarolangun Hazrian, SE, M.Si, yang berlangsung dengan lancar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun dan para peserta sosialisasi dari seluruh OPD yang hadir.

Dalam sambutannya, Asisten III Setda Sarolangun Hazrian mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan bekerja sama BSSN dalam rangka meningkatkan keamanan sistem informasi dan aplikasi SPBE yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Asisten III Hazrian dalam arahannya

Selain itu, tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya keamanan informasi serta perlindungan data diri.

” Maka kita pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan sosialisasi yang bekerja sama dengan badan Siber dan Sandi negara. Sosialisasi ini guna mendukung pelaksanaan sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) serta Dinamika Keamanan Siber Nasional. Seiring dengan pemanfaatan transformasi digital, resiko serangan keamanan siber,” katanya.

Dalam kegiatan ini tentunya, BSSN yang turun ke Sarolangun ini akan memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun bagaimana langkah dan startegi dalam pengamanan sistem SPBE dan informasi digital.

Pasalnya, saat ini tentu serangan Siber atau cyber crime dari para pelaku hacker menjadi perhatian utama.

” Intinya bagaimana cara kita mengamankan sistem yang kita punya dan server dari hacker-hacker termasuk handphone dan untuk saat ini masih dalam aman namun kita tidak tahu kedepannya,” katanya.

Poto bersama

” Seluruh SKPD tanpa terkecuali ikut dalam kegiatan sosialisasi karena tentunya dalam SPBE kita punya sistem dan server dalam kondisi aman. Seperti di Sumedang kemarin, dari handphone saja kita sudah tahu apakah telah di hacker atau tidak,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

 

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU