Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Gelar Walimatus Safar Lil Hajj dan Pelepasan JCH Sarolangun Tahun...

Pemkab Sarolangun Gelar Walimatus Safar Lil Hajj dan Pelepasan JCH Sarolangun Tahun 2024

Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, forkopimda dan ratusan CJH Sarolangun yang hadir

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Walimatus Safar atau syukuran sebelum keberangkatan haji serta pelepasan para Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sarolangun pada musim haji tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi.

Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (29/05/2024) malam di rumah Dinas Bupati Sarolangun, yang dihadiri langsung Gubernur Jambi Dr H Alharis, S.Sos, MH, PJ Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH.

Selain itu hadir juga Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun, para camat, serta ratusan Calon Jamaah Haji Kabupaten Sarolangun.

Dalam laporannya, Kakan kemenag Sarolangun M. Syatar mengatakan bahwa pada tahun 2024 ini jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Sarolangun ada sebanyak 235 orang yang akan berangkat ke tanah suci pada tanggal 02 Juni 2024.

Jumlah CJH tersebut semulanya sebanyak 239 orang namun ada 4 orang CJH yang batal berangkat karena 1 CJH Meninggal dunia dan 3 orang lainnya mengalami sakit.

” Keberangkatan CJH Sarolangun tergabung dalam kloter 22 dengan bersama CJH Kota Jambi dan Kabupaten Tebo. Akan dilepas pada 02 Juni 2024 di Mesjid As-Sulton menuju asrama haji kota Jambi menggunakan bus,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memasangkan sal CJH Sarolangun

M. Syatar menjelaskan untuk pelepasan dan keberangkatan jamaah CJH Kabupaten Sarolangun akan dilaksanakan pada hari minggu, sedangkan untuk titik kumpul di masjid As-Sulton. Para CJH berkumpul pada pukul 07.00 Wib, kemudian akan diberangkatkan pada pukul 08.00 Wib oleh Forkopimda Sarolangun.

”  Terima kasih kepada bapak gubernur jambi yang sudah berkesempatan hadir dalam kegiatan pada malam hari ini. Kami juga mengucapkan beribu terima kasih kepada bapak pj bupati, yang sudah memfasilitasi para calon jamaah haji, mulai dari alat transportasi dan snack,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Jambi yang sudah berkesempatan hadir dalam kegiatan Walimatus Safar Lil Hajj dan Pelepasan CJH Kabupaten Sarolangun.

” Mohon doa bagi kami yang akan melanjutkan tugas di kabupaten Sarolangun, agar bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Sarolangun yang diberangkatkan mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2023 yang lalu. Kalau tahun 2023, jumlah CJH hanya sebanyak 197 orang, mengalami kenaikan sebanyak 48 orang jadi total keberangkatan CJH Sarolangun ada sebanyak 235 orang.

” Selamat jalan saya ucapkan kepada para CJH haji yang akan berangkat pada hari Minggu besok. Syukur Alhamdulillah bapak dan ibu semua dengan kesabarannya tahun ini bisa berangkat naik haji ke tanah suci Mekkah,” katanya.

Gubernur Jambi Alharis saat memasang sal kepada CJH Sarolangun sebelum diberangkatkan

Bachril Bakri juga meminta kepada seluruh CJH Kabupaten Sarolangun agar mempersiapkan diri semaksimal dan sebaik mungkin, khususnya untuk senantiasa menjaga kesehatan sebelum berangkat ibadah haji, selama melaksanakan ibadah serta setelah selesai melaksanakan ibadah hingga pulang ke Sarolangun.

” CJH Sarolangun tahun ini yang paling muda 21 tahun, dan paling tua 94 tahun, saya berpesan bagaimana jamaah yang paling tua ini kita kawal bersama pelaksanaan ibadah haji, saya mohon ada satu orang yang bertanggungjawab bisa membantu bapak kita,” katanya.

” Jangan lupa jaga kesehatan, istirahat yang baik, dan perbanyak berdoa selama melaksanakan ibadah haji. Manfaatkan suasana ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur setelah kembali ke Sarolangun,” kata dia menambahkan.

Selain itu, Gubernur Jambi Alharis juga mengapresiasi kepada Bapak PJ Bupati Sarolangun yang sudah mengundang dirinya  untuk hadir pada acara pada malam hari ini, dalam rangka Walimatus Safar Lil Hajj sekaligus melepas para calon jamaah haji Kabupaten Sarolangun.

” Jadi untuk para calon jamaah haji, saya doakan semoga dilancarkan dalam keberangkatan haji, semoga diberikan kesehatan hingga kepulangan nanti. Nanti untuk pelepasan pada tanggal 2 juni, saya akan usahakan untuk hadir juga pada giat rangkaian tersebut,” katanya.

Gubernur Jambi Alharis saat menyampaikan arahan dalam pelepasan CJH Sarolangun

Alharis juga berpesan agar para calon jamaah haji untuk tetap istiqomah dalam beribadah dan tetap tawadhu. Gelar haji yang akan saudara-saudara dapatkan nanti, seyogyanya menjadi tanda syukur dan penjaga moral.

” Semoga dengan niat yang baik karena Allah dan pulang kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur. Saya ucapkan selamat kepada bapak dan ibu semua calon jamaah haji, semoga selamat dalam perjalanan serta pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar,” katanya.

Secara keseluruhan, kata Gubernur Jambi ini, pada tahun 2024 ini jumlah CJH tahun ini ada sebanyak 3116 orang CJH, tentu jumlah itu cukup besar belum lagi nanti di Kota Mekkah dan Kota Madinah akan ada kepadatan dari berbagai negara yang melaksanakan ibadah haji.

” Maka saya berpesan agar CJH asal Provinsi Jambi khususnya Sarolangun agar hati-hati betul selama melaksanakan ibadah. Di Mekkah juga sudah mulai razia jamaah haji ilegal, karena ada passport jiarah sementara musim haji tidak boleh menggunakan itu,” katanya.

” Kemudian covid sudah mulai ramai di asia, CJH kita juga harus hati-hati karena itu seluruh dunia berkumpul di Mekkah dan Madinah, maka harus kuat imun kesehatan kita di jaga agar semua rukun haji bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata dia menambahkan.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Yasinan, tahlil serta doa bersama dalam rangka Walimatus Safar Lil Hajj, serta pelepasan CJH Sarolangun yang ditandai dengan pengalungan sal CJH Sarolangun oleh Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkopimda Sarolangun.

Penulis : A. R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU