Pengeboran Eksplorasi Tajak Sumur Gasop D South-1 Diresmikan

0

SAROLANGUN -Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser melakukan peresmian pengeboran eksplorasi Tajak sumur Gasop D South-1 yang berada di Desa Mekar Sari, Kecamatan Pelawan, Senin (06/11/2021).

Pengeboran Tajak sumur Gasop D South-1 ini dilakukan oleh SKK Migas Sumbagsel-KKKS Seleraya Merangin Dua.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel diwakili oleh Kadep Operasi Bambang Dwi Djanuarto, KKKS Seleraya Merangin Dua Five President Bussines Support Seno Aji, Asisten I Pemerintahan Setda Sarolangun Drs H Arief Ampera, ME, Kabag Pemerintahan Deni Subhan, Kakan Kesbangpol Kab. Sarolangun Hudri, S.Ag, M.Pd., Kepala KPHP Hilir Budikus, Danramil Limun Kapten  Zul Abdullah, jajaran SKK migas Sumbagsel-KKKS Seleraya Merangin Dua, Pemerintah Desa Mekar Sari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat desa setempat.

Kadep Operasi SKK Migas Sumbagsel Bambang Dwi Djanuarto mengatakan bahwa sebelum dilakukan peresmian eksplorasi ini pihaknya melakukan persiapan sebelumnya selama tiga Minggu sehingga memang pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan dari pemerintah Kabupaten Sarolangun dan masyarakat setempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

“Tiga Minggu lalu kami lakukan persiapan yang posisinya peralatan belum ada, dan kita berterima kasih atas dukungan dari pemkab Sarolangun dan juga masyarakat setempat sehingga dapat terlaksananya kegiatan eksplorasinya,” katanya.

Ia juga menjelaskan dengan pelaksanaan pengeboran sumur ini nantinya diharapkan dapat menemukan cadangan baru minyak dan gas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sistim bagi hasil minyak dan gas.

“Kita berharap kegiatan eksplorasi pengeboran ini bisa menghasilkan tambahan cadangan minyak yang masih kurang sebanyak 17.700 barel perhari

-1.000.000 barel minyak di tahun 2022 kami ditargetkan Dan juga 12 M Kubik gas,” katanya.

Sementara itu, KKKS Seleraya Merangin Dua Seno Aji mengatakan bahwa kegiatan eksplorasi pengeboran ini bertujuan untuk menentukan cadangan minyak dan gas yang baru, dan ini merupakan sumur yang ketiga dilakukannya upaya pengeboran oleh pihaknya dan sifatnya mau mencari apakah di daerah ini ada cadangan baru.

“Mudah-mudahan bisa mendapatkan hasil yang baik, baik untuk kami maupun untuk masyarakat pelawan khususnya,” katanya.

Iapun menargetkan bahwa kegiatan pengeboran ini harus dapat dilakukan sebelum bulan januari yang direncanakan sedalam 2000 pit atau hampir 2 kilo meter.

“Kami harapkan bantuan dari pemkab Sarolangun dan masyarakat pelawan supaya bisa kita mengembangkan cadangan minyak untuk mencapai target negara yang hendak di capai,” katanya.

Selain itu, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser mengatakan tentunya pihak pemerintah Kabupaten Sarolangun sangat mendukung kegiatan pengeboran eksplorasi sumur ini yang dapat terlaksana dengan baik di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Namun meski begitu, ia meminta agar pihak SKK Migas Sumbagsel-KKKS Seleraya Merangin Dua tetap melakukan koordinasi dengan masyarakat agar kegiatan ini berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Camat dan kepala desa untuk bersinergi dalam mendukung pelaksanaan eksplorasi pengeboran migas ini,” katanya.

Sekda juga meminta kedepan setelah kegiatan ini berhasil dilakukan agar dilakukan pelaporan produksi minyak dan gas ke Pemkab Sarolangun, sehingga pihaknya mengetahui data rill berapa jumlah produksi yang didapatkan setiap harinya.

“Ini investasi murni yang semua biaya ditanggung oleh PT Seleraya dan kedepan 500 barel per hari ditargetkan nantinya produksinya dan saya minta dilaporkan berapa banyak minyak dan gas yang diproduksi ke Pemkab sarolangun karena itu untuk bagaimana melakukan bagi hasil migas,” katanya.(ks1)

Peresmian dilakukan oleh Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser  bersama SKK Migas-KKKS Seleraya yang ditandai dengan penekanan tombol sirene yang secara serentak.

Kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan satu ekor hewan qurban yang disaksikan oleh Sekda Sarolangun beserta rombongan, sementara Daging qurban akan dibagikan kepada pegawai, masyarakat desa lubuk sepuh dan desa mekar sari.(ks1)

Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser  bersama SKK Migas-KKKS meresmikan Pengeboran Eksplorasi Tajak Sumur Gasop D South-1. Foto:Wahid