Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHPengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun Masa Bakti 2022-2027 Dilantik

Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun Masa Bakti 2022-2027 Dilantik

Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Jambi Sudirman, Kamabicab Sarolangun Henrizal dan Ka. Kwarcab Sarolangun Fadlan Arafiqi

KABAR SAROLANGUN – Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun masa bakti 2022-2027 secara resmi telah dilantik, Jumat (24/02/2023) di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM selaku Ketua Majlis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun.

M Fadlan Arafiqi, dilantik kembali sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun setelah masa jabatan Priode 2017-2022 telah berakhir, serta jajaran pengurus kwarcab lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jambi H Sudirman, SH, MH, Sekretaris Kwarda Pramuka Provinsi Jambi Yepi Rifaldi, SH, MH, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kwarda Pramuka Provinsi Jambi Jangcik Mohza beserta rombongan.

Selain itu, sejumlah pengurus Majlis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun juga turut hadir, Danramil 420-02 Pauh Kapten INF M Suhadi, Perwakilan Polres Sarolangun, dan segenap pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan dan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Sarolangun masa Bhakti 2022-2027.

Penjabat Bupati Henrizal saat menyematkan tanda jabatan Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Sarolangun kepada Fadlan Arafiqi

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sarolangun M Fadlan Arafiqi nengucapkan terima kasih atas kehadirian ketua kwarda Pramuka provinsi Jambi yang merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi dalam kegiatan pelantikan pengurus organisasi kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun.

Menurutnya, organisasi Pramuka merupakan satu-satunya organisasi yang mendidik generasi bangsa, dimana dalam kondisi terpaan narkoba, radikalisme, gerakan Pramuka terus harus hadir dalam memberikan pembinaan kepada generasi muda.

“Gerakan Pramuka menjunjung tinggi sportifitas, tidak ada aksi demo. Maka kami harapkan majlis pembimbing cabang untuk dapat membantu kami, urusan Pramuka bukan urusan sederhana. Jujur saya kecewa hari ini, karena banyaknya anggota mabicap dan kamabiran yang tidak hadir,” katanya.

” Beberapa agenda nasional dan daerah yang kami ikuti, terakhir kami ikuti jambore nasional di Cibubur. Semua peserta dan pendamping pulang pergi dalam keadaan selamat dan sehat walafiat. Agenda inisiatif kami kedepan yakni kemah bakti, untuk memberikan edukasi bagi pengurus gerakan Pramuka dan mengetahui potensi Kabupaten Sarolangun,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun Henrizal selaku atas nama pemerintah Kabupaten Sarolangun mengucapkan selamat kepada atas dilantiknya pengurus gerakan Pramuka cabang Sarolangun, semoga dengan kepengurusan yang baru dilantik ini dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

” Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang berupaya untuk membentuk karakter generasi muda, dengan tujuan Trisatya dan dasa Dharma pramuka. Saya tegaskan bahwa kepala OPD dan seluruh camat Wajib untuk ikut dalam gerakan Pramuka,” katanya.

Henrizal juga berharap kedepan organisasi gerakan Pramuka di Kabupaten Sarolangun terus dapat berkarya dalam memberikan pengembangan bakat dan keterampilan generasi muda untuk mengisi pembangunan daerah.

” Harapan kita mulai dari tingkat SD, SMP, dan seluruh OPD untuk mendukung gerakan Pramuka ini,” katanya.

Poto bersama

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jambi Sudirman menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus Mabicap dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun untuk memberikan pembinaan kepada generasi muda. Begitu juga ucapan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam gerakan Pramuka ini yang terus bergerak memberikan yang terbaik.

” Saya ucapkan selamat bekerja, selamat mengabdikan diri untuk Nusa dan bangsa saya berterima kasih agi adik-adik kita, dan juga seluruh jajaran pengurus kamabicap, kwarcab yang telah menjalankan organisasi gerakan Pramuka,” katanya.

Sudirman juga mengharapkan melalui proses pengkaderan dalam Gerakan Pramuka ini nantinya akan lahir pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki karakter, kepemimpinan dan nasionalisme.

Selain itu, perlu dicatat bahwa pendidikan gerakan Pramuka adalah pendidikan karakter yang tidak ditemukan di sekolah, tapi pendidikan informal di luar pendidikan keluarga yang tentunya memiliki kemampuan bela negara, kecintaan akan tanah air.

” Yang jadi ujung tombaknya itu ada di gugus depan, yakni gerakan Pramuka di sekolah-sekolah, maka saya mohon dukungannya agar seluruh kepala sekolah dalam gerakan Pramuka ini baik di tingkat SD maupun SMP sederajat,” katanya.

Selain itu, Sudirman juga menyebutkan pihaknya selaku Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jambi telah berhasil melahirkan 850-an kader Pramuka Garuda yan memiliki kualitas intelegtual, kemampuan managerial dan karakter, dan Di priode kedua tahun 2022-2027 pihaknya menargetkan 2.805 kader Pramuka Garuda.

” Pramuka merupakan organisasi yang menangkis paham-paham radikalisme dan perbuatan yang melanggar hukum seperti Penyalahgunaan narkoba. Dalam gerakan Pramuka ini, kami telah melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjutan (KML) dan pendidikan pelatih Pramuka. Tahun ini kita mengutus 11 Jambore dunia di Korea Selatan, salah satunya dari Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penyematan tanda jabatan, penandatangan berita acara pelantikan serta penyerahan cindera mata dan Poto bersama yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

 

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU