Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHPengurus LAM Sarolangun Priode 2021-2026 Resmi Dilantik

Pengurus LAM Sarolangun Priode 2021-2026 Resmi Dilantik

 

Ketua LAM Jambi Provinsi Jambi Hasan Basri Agus saat melantik pengurus LAM Jambi Kabupaten Sarolangun

SAROLANGUN – Pengurus Lembaga Adat Melayu Jambi (LAM) Kabupaten Sarolangun masa bhakti 2021-2026 secara resmi telah dilantik oleh Datuk Temenggung Putro Jayodiningrat H. Hasan Basri Agus selaku Ketua LAM Provinsi Jambi, Senin (24/01/2022), yang berlangsung di balai adat Kabupaten Sarolangun.

Ketua LAM Sarolangun, Helmi, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantik dan dikukuhkannya Lembaga Adat Melayu Jambi (LAM) Kabupaten Sarolangun ini, ia mengucapkan terimakasih telah mempercayai amanah sebagai ketua LAM di Kabupaten Sarolangun.

“Kami ucapkan terimakasih, telah dikukuhkannya kepungurusan LAM Sarolangun. Amanah ini perlunya kerjasama kita semua, agar tercapai program kerja lembaga adat,”katanya.

Lanjutnya, Helmi katakan, pasca dilantik, dirinya akan lakukan pembenahan pada lembaga adat melayu jambi, serta menyusun kembali kepengurusan LAM sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Ia menyebutkan, langkah awal dalam mempersiapkan program kerja LAM ke depan tentu harus saling bahu-membahu dalam membangun dan menjunjung adat melayu jambi di bumi sepucuk adat serumpun pseko.

Sementara itu, Ketua LAM Jambi Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus, Datuk temenggung Putro Jayodiningrat mengatakan, fungsi lembaga adat adalah membantu pemerintahan. Selain itu, Dia tekankan agar seluruh pengurusan membantu program pemerintah.

“Kita bukan berpolitik, artinya lembaga adat tidak bisa lepas dari pemerintah. Karena anggarannya juga bersumber dari pemerintah,” katanya.

Lanjut dia, harapannya setelah terbentuknya kepengurusan LAM. Nantinya lembaga adat ini mampu mensosialisasikan adat hingga ke tingkat sekolah-sekolah.

“Manfaatkan semua media untuk mengenalkan adat melayu jambi kepada anak-anak. Datangi ke sekolah-sekolah, selain itu manfaat media sosial untuk memperkenalkan adat,” katanya.

Poto bersama

Ia berharap kedepan, ketua yang sudah dilantik tidak hanya sekedar ketua. Artinya seorang pemimpin harus mampu membuat inovasi-inovasi ke depannya.

“Kita harus mengenalkan adat ini sejak dini pada anak-anak kita, karena adat ini sangat penting sebagai pengetahuan dasar bagi penerus bangsa,”katanya.

Sementara itu, Datuk temenggung rajo negeri Drs H Cek Endra mengatakan, selamat pada pengurus yang sudah dilantik. Kepada pengurus yang lantik, CE meminta agar lebih perhatian terhadap adat di bumi sepucuk adat serumpun pseko.

“Peran lembaga adat ditengah masyarakat juga sangat dibutuhkan, baik dalam penyelesaian sengketa atau hal lainnya,”katanya.

Tidak hanya itu, Cek Endra juga meminta agar dilibatkan dalam kepengurusan utusan dari Suku Anak Dalam (SAD). Menurut dia, orang rimba ini merupakan ikon dari Kabupaten Sarolangun.

“Ke depannya kita minta agar SAD juga dilibatkan dalam kepengurusan lembaga adat,” katanya.(Ks1)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU