Penjabat Bupati Henrizal Hadiri Tabliq Akbar HSN Bersama Syekh Tajuddin Al-Abbasi Dari Sudan

0

 

PJ Bupati Sarolangun Henrizal, Syekh Tajuddin Al-Abbasi, Penterjemah, Kepala Kemenag M Syatar dan H Hillalatil Badri

KABAR SAROLANGUN –Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM menghadiri kegiatan tabliq Akbar Hari Santri Nasional Sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriyah bersama Syekh Tajuddin Al-Abbasi dari Sudan, Sabtu (22/10/2022) di Mesjid As-Sulton Sarolangun.

Kegiatan tabliq Akbar tersebut diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Sarolangun yang berlangsung dengan penuh khidmat.

Turut hadir Kepala Kemenag sarolangun Drs KH M Syatar, Ketua FKPP Sarolangun KH Rofi’i Ahmad, S.Ag, M.Pd.I, Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno, SH, Danramil 04-420 Sarolangun Mayor Abdul Aziz, Mantan Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Para Pimpinan Pondok Pesantren, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun dan ribuan santri-santriwati serta masyarakat Sarolangun.

Kegiatan tersebut diawali dengan Ummul Qur’an dan pembacaan ayat suci Alquran, serta penyerahan santunan kepada anak yatim hingga tausiah dari syekh Tajuddin Al-Abbasi dari Sudan yang penuh hikmah.

Ketua FKPP Sarolangun KH Rofi’i Ahmad mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2022.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan, mulai dari perlombaan antar santri berupa lomba pidato tiga bahasa, lomba Tahfidz Qur’an, lomba Qirotul Kutub serta upacara peringatan HSN dan diakhiri dengan kegiatan tabliq Akbar yang mengundang penceramah Syekh Tajuddin Al-Abbasi.

Para santri yang antusias mengikuti tabliq akbar

“Hari ini kita bersama-sama memperingati hari santri nasional, mudah-mudahan kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT. Saya selaku ketua FKPP mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia pelaksana yang telah mensukseskan kegiatan ini dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan bahwa peringatan hari santri nasional memang sangat penting dilakukan dalam rangka memberikan motivasi bagi seluruh santri akan perjuangan para suhada mulai kiyai-kiyai, santri-santri dalam ikut berperan merebut kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga Bapak Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Hari santri nasional tentunya menjadi salah satu program tahunan yang kita lakukan dan perlu ditingkatkan di masa mendatang. Kami berharap nantinya pemerintah kabupaten Sarolangun dapat mengalokasikan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan hari santri nasional ini,” katanya.

“Kami harapkan para santri dan santriwati, yang berjumlah dari 44 lembaga pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sarolangun. Dan kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pondok pesantren yang telah bahu-membahu dalam melaksanakan kegiatan ini,” kata dia menambahkan.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, penetapan hari santri nasional pada 22 Oktober ini tidak lepas dari perjuangan KH Hasyim As’ari yang melakukan perjuangan dan membela tanah air sebagai bagian dari iman.

Atas Nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun mengucapkan selamat hari santri nasional tahun 2022 dan ucapan terima kasih kepada seluruh pimpinan pondok pesantren yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Melalui peringatan Hari santri ini, Henrizal mengajak agar terus tingkatkan hubungan silaturrahmi dalam membangun dan memajukan pondok pesantren di Kabupaten Sarolangun.

“Santri di pondok pesantren telah menyandang peradaban di Indonesia. Saya melihat anak-anak kita, bahwa semuanya berjalan dengan tertib karena ciri-ciri khas anak santri itu tertib. Hari Santri itu merupakan salah satu hari rayanya santri, maka dari itu tentunya ketika peringatan ini seharusnya dapat berlangsung dengan meriah dan khidmat,” katanya.

“Kami dari Pemerintah Daerah, sudah tentunya kegiatan seperti ini dilaksanakan. Tapi tentunya, dalam pelaksanaan program kegiatan ini, maka harus dilakukan perencanaan terlebih dahulu. Insa Allah, ketika itu dilaksanakan maka mari kita rencanakan kegiatan ini untuk masa yang akan datang,” kata dia menambahkan.

Syekh Tajuddin Al-Abbasi saat menyampaikan tausiah

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal memberikan santunan anak yatim dari BAZNAS Sarolangun, serta penyerahan piagam dan piala kepada para santri yang berprestasi dalam perlombaan, serta diakhiri juga dengan tausiah dari penceramah Syekh Tajuddin Al-Abbasi yang berlangsung dengan penuh khidmat.

Penulis : A.R Wahid Harahap