Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDAERAHPenjabat Bupati Henrizal Lantik 57 Kades Hasil Pilkades Serentak 2022

Penjabat Bupati Henrizal Lantik 57 Kades Hasil Pilkades Serentak 2022

Penjabat Bupati Henrizal saat melantik 57 kepala desa

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM melantik secara resmi Kepala Desa terpilih se-Kabupaten Sarolangun priode 2022-2028 hasil Pilkades serentak gelombang I Kabupaten Sarolangun tahun 2022, Sabtu (31/12/2022) di lapangan gunung kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Gubernur Jambi Dr H Alharis, S.Sos, MH, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE beserta ibu, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.Ik, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser.

Selain itu, hadir juga Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal beserta jajaran, Para Anggota DPRD Sarolangun, Para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, Para kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun, Para Camat se-Kabupaten Sarolangun, dan ratusan masyarakat Sarolangun.

Pelantikan kepala desa tersebut berdasarkan surat keputusan Penjabat Bupati Sarolangun nomor 332/DPMD/2022 tentang penetapan pemberhentian penjabat kepala desa dan pengangkatan kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak gelombang I Kabupaten Sarolangun tahun 2022 ditetapkan pada tanggal 18 Desember 2022.

Gubernur Jambi Alharis, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Penjabat Bupati Henrizal dan jajaran forkompinda Sarolangun

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengambil sumpah dan janji jabatan kepala desa secara serentak, serta memasang tanda caping kepala desa hingga pembacaan pakta integritas yang diucapkan oleh para kepala desa.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati sarolangun Henrizal mengucapkan selamat atas dilantiknya para kepala desa hasil Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 yang berjumlah sebanyak 57 desa yang tersebar di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sarolangun.

Meskipun selama pelaksanaan tahapan Pilkades serentak mendapat masalah sedikit tapi tidak mengganggu proses Pilkades hingga pelaksanaan pelantikan kepala desa yang dilaksanakan hari ini.

” Kita ketahui pilkades serentak dilaksanakan dalam masa pandemi covid-19 namun berkat kerja sama dan sinergitas seluruh pihak kegiatan Pilkades dapat berjalan aman, lancar damai dan kondusif serta sesuai dengan harapan,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM

Henrizal juga mengharapkan kepala desa yang dilantik ini agar dapat langsung menjalankan tugas dengan baik serta mampu beradaptasi dengan sebaik-baiknya, berkoordinasi dengan perangkat desa serta masyarakat di desa masing-masing.

” Saya menekankan agar para kepala desa yang dilantik agar dalam melaksanakan tugas untuk tetap mengacu dan merujuk terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Alharis mengapresiasi atas pelaksanaan tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Sarolangun yang berlangsung dengan jujur dan adil, aman dan kondusif.

Tentunya, para kepala desa yang dilantik ini merupakan orang-orang terpilih untuk memimpin desa selama enam tahun kedepan.

Gubernur Jambi Alharis, S.Sos, MH

” Sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014, sangatlah menguntungkan desa karena desa diberikan dana desa untuk membangun desa. Di Sarolangun sendiri, ada lagi tambahan dari apbd, dan dari Pemprov Jambi juga ada bantuan untuk desa dan kelurahan,” katanya.

Menurut Gubernur, dalam pemerintahan desa masalah yang sering terjadi di desa adalah hubungan yang kurang baik antara kepala desa dan BPD, sehingga berdampak terhadap seringnya menghambat pembangunan di desa.

” Maka saya minta dari awal kades menjabat sudah mulai duduk bersama dengan BPD dan tokoh masyarakat. Saat Pilkades kemarin pasti ada lawan poltik, maka saya minta agar kades yang dilantik ini untuk merangkul lawan poltik tersebut,” katanya.

” Dari 29 kades incumbent ada 11 kepala desa yang bertahan dan duduk kembali menjadi kepala desa. Ingat bapak-bapak kepala desa ini adalah orang-orang yang terpilih. Ingat setiap kita adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah SWT di akhirat kelak,” katanya.

Gubernur Jambi Alharis dan jajaran memberikan ucapan selamat kepada para kades yang dilantik

Di akhir kegiatan, Gubernur Jambi Alharis bersama Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan Penjabat Bupati Henrizal serta jajaran forkompinda Sarolangun memberikan ucapan selama kepada para kades yang dilantik hingga Poto bersama.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU