Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPerdana, Dinas PUPR Sarolangun Bersama PT Persada JCB Gelar Pelatihan Tenaga Operator...

Perdana, Dinas PUPR Sarolangun Bersama PT Persada JCB Gelar Pelatihan Tenaga Operator Alat Berat

Staf Ahli Bupati Ramawi, Sekretaris Dinas PUPR Zainul Arifin, Anggota DPRD Hermi, dan Bench Koordinator JCB Nopriadi

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas PUPR Sarolangun bekerja sama dengan PT Persada JCB Palembang Raya menggelar pelatihan tenaga operator alat berat di Kabupaten Sarolangun, Selasa (09/05/2023) bertempat di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM diwakili Asisten II Setda Sarolangun Ramawi, SE yang berjalan dengan lancar.

Turut hadir langsung Anggota DPRD Sarolangun Hermi, S.Sos, Fadlan Kholiq, Bench koordinator JCB cabang Jambi Nopriadi, Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani diwakili Sekretaris Dinas PUPR Zainul Arifin, Kabid Program Dinas PUPR Guldi, Para kepala OPD/perwakilan di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Nara sumber dan Peserta pelatihan tenaga operator alat berat.

Dalam laporannya, Sekretaris Dinas PUPR Zainul Arifin mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak asisten II, bapak dan ibu PT Persada JCB Palembang Raya serta peserta yang telah hadir dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan operator alat berat tersebut.

Kegiatan pelatihan ini tentu untuk memberikan pelatihan kepada operator alat yang sebelumnya belum memiliki sertifikat dan selain itu juga memiliki tujuan sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas SDM khususnya dibidang alat berat.

” Kegiatan ini dilaksanakan 9-10 Mei 2023 di Kantor dinas PUPR dan TPA kecamatan Pelawan, dimana dibagi dua sesi yakni sesi teori dan praktek. Jumlah peserta sebanyak 20 orang terdiri dari operator dari lh 4 orang, dari alkal 6 orang dan dinas PUPR 6 orang selebihnya dari umum. Sumber pembiayaan murni dari lembaga JCB, dan dinas PUPR menyiapkan tempat dan kegiatan,” katanya.

Para peserta pelatihan tenaga operator alat berat

Sementara itu, Bench Koordinator JCB Cabang Jambi Nopriadi juga mengaku sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini karena menurutnya ada tiga hal yang tersampaikan yakni semangat yang sama untuk mengembangkan SDM di Sarolangun, mengembangkan tenaga operator dan ketiga kami ingin berkontribusi dalam peningkatkan pemahaman seputar pengoperasian alat berat.

” Untuk seluruh tim panitia dan pupr, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, bila ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini kami mohon maaf,” katanya.

Sementara itu, Asisten II Setda Sarolangun Ramawi menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran bapak Penjabat Bupati Sarolangun dikarenakan dalam waktu yang bersamaan ada kegiatan dinas di jakarta.

Selaku atas nama pemerintah kabupaten Sarolangun mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini oleh PT persada JCB Palembanv Raya yang telah menjadi sponsor dalam pelaksanaan kegiatan ini.

” Pelatihan Tenaga Operator alat berat ini merupakan Pelatihan pertama kali dilakukan di Kabupaten Sarolangun, dimana hal ini tentu sangat bermanfaat bagi operator alat berat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan kapasitas,” katanya.

Menurutnya, Penggunaan alat berat seperti excavator, bulldozer dan lain-lainnya tentu sangat diperlukan pelatihan bagi tenaga operator agar pengoperasian dapat berjalan baik dan benar, yang diharapkan mampu menurunkan resiko kecelakaan kerja selama mengoperasikan alat berat sebagaimana amanat UU nomor 01 tahun 1970.

” Menyiapkan tenaga operator yang kompeten ini, tentunya seluruh peserta agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk itu semua peserta harus bersemangat dan disiplin dalam mengikuti pelatihan tenaga operator ini. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan pelatihan tenaga operator alat berat JCB di Kabupaten Sarolangun secera resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments