Senin, Juni 24, 2024
BerandaPENDIDIKANPeringatan HSN Tahun 2022 Di Ponpes Nidaul Qur'an Dibarengi Lomba Antar Santri

Peringatan HSN Tahun 2022 Di Ponpes Nidaul Qur’an Dibarengi Lomba Antar Santri

 

Para Santri dan Santriwati yang meraih prestasi dalam ajang lomba memperingati Hari Santri Nasional di Ponpes Nidaul Qur’an

KABAR SAROLANGUN- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 ini, Pondok Pesantren (Ponpes) Nidaul Qur’an, Desa Tanjung, Kecamatan Bathin VIII dibarengi dengan perlombaan antar santri.

Diantaranya, lomba Sarhil Qur’an, Hafalan Ayat Pendek tingkat SD, Pidato Tingkat SD dan SMP, Lomba Adzan, Solo Song, Tarian Daerah dan juga melukis atau Khotil Qur’an.

Pimpinan Pondok, Ustadz Hanif Fikri, S.Pd.I, selaku pembina dan pengasuh santri saat diwawancarai usai acara tersebut, menyebutkan bahwa dengan adanya gebyar hari santri menjadi wadah terbangunnya silaturrahmi antar semua pihak.

Selain untuk meraih prestasi, kegiatan perlombaan ini tentunya untuk meningkatkan pengetahuan para santri sehingga kedepan lebih termotivasi untuk belajar di pondok pesantren.

“Gebyar hari santri ini adalah sarana silaturrahmi terhadap lembaga pendidikan dalam wilayah Bathin VIII umumnya dalam kabupaten Sarolangun,” kata pria yang juga mantan aktivis PMII Nahdhatul Ulama di eranya, Minggu (23/10/2022) kepada media ini.

Menurut Hanif, Gebyar HSN tahun 2022 ini juga bagian dari sarana edukasi mengingatkan kembali kepada anak didik terkait era digital dan media sosial yang jika tidak di wanti wanti akan berdampak tidak baik bagi laju perkembangan mental santri.

“Oleh karena itu, di moment ini kita berharap para santri, bisa memahami dampak baik dan tidak baik dari laju perkembangan era digital, salah satu filternya ya pentingnya pendidikan agama di lembaga pendidikan agama,” katanya.

Selain itu, dia meminta agar para santri menjadikan tekhnologi sarana berdakwah dalam menyampaikan sunah sunah rasul yang berdasarkan kajian ahlusunnah waljamaah.

“Kita berharap pemerintah lebih serius lagi dalam memperhatikan lembaga pendidikan agama khususnya pondok pesantren. Hingga ikut andil dalam membangun karakter building diri para santri, melalui support anggaran sarana dan prasarana,” katanya.

Dalam kegiatan HSN ini, Pondok Pesantren Nidaul Qur’an juga memberikan piagam dan piala penghargaan kepada para santri yang berprestasi.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU