Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Bachril Bakri Bersama DPRD Sarolangun Lihat Langsung Yanling Adminduk Di...

Pj Bupati Bachril Bakri Bersama DPRD Sarolangun Lihat Langsung Yanling Adminduk Di Kecamatan Batang Asai

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melihat langsung pelayanan keliling adminduk di Kecamatan Batang Asai

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun kembali turun menjemput bola dengan membuka Pelayanan Keliling (Yanling) Administrasi Kependudukan di Kecamatan Batang Asai, tepatnya di Desa Pekan Gedang, Rabu (09/08/2023).

Dalam kegiatan Yanling tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc bersama Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, dan para anggota DPRD Sarolangun dari Dapil IV (Hermi, S.Sos, Rapalan, Asmarul) melihat langsung pelayanan adminduk yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Sarolangun tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Arif Ampera, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, beserta para kepala OPD, Camat Batang Asai Junaidi, dan Tripika Kecamatan Batang Asai.

Tampak pelayanan keliling tersebut disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Batang Asai yang berdatangan untuk mengurus administrasi kependudukan seperti KTP Elektronik, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan sebagainya.

Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama antara dinas dukcapil, KPU Sarolangun, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa serta pihak terkait, dalam rangka mensukseskan pemilu 2024.

Saat ini Masyarakat Kecamatan Batang Asai masih ada sekitar 298 orang yang belum melakukan perekaman KTP elektronik alias belum punya KTP, namun masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

” Sejak bulan Juni yang lalu sudah kita mulai kegiatan pelayanan keliling administrasi kependudukan ini,” katanya.

PJ Bupati Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan dan anggota DPRD Sarolangun dalam kegiatan Yanling Adminduk di Kecamatan Batang Asai

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun terus berupaya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan adminduk, salah satunya perekaman KTP elektronik. Sehingga memang Dinas Dukcapil Sarolangun harus rajin dalam turun ke lapangan untuk menjemput bola bagi masyarakat yang belum punya KTP, khsusunya kalangan pemilih pemula yang masuk dalam DPT.

” Jumlah Penduduk Kabupaten Sarolangun ada sebanyak 300.460 jiwa yang tersebar di 11 Kecamatan, dan di Kecamatan Batang Asai ada sebanyak 19.919 jiwa yang tersebar di 23 Desa,”katanya.

Dari jumlah pendudukan Kecamatan Batang Asai itu, Kata Bachril Bakri ada sebanyak 13.816 jiwa wajib melakukan perekaman KTP elektronik, sementara yang sudah melakukan perekaman sudah mencapai 97 persen atau sekitar 13.354 jiwa, sedangkan untuk jumlah DPT di Kecamatan Batang Asai ada sebanyak 13.814 jiwa.

” Sementara yang belum punya KTP elektronik atau belum merekam sama sekali ada sebanyak 298 jiwa, dan ditargetkan pada hari ini dalam kegiatan pelayanan keliling di batang Asai ada sebanyak 80 jiwa melakukan perekaman,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU