Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Bachril Bakri Buka Manasik Haji Massal JCH Sarolangun Tahun 2023

PJ Bupati Bachril Bakri Buka Manasik Haji Massal JCH Sarolangun Tahun 2023

PJ Bupati Bachril Bakri, Kepala Kemenag M Syatar, Para Kepala OPD yang hadir

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara resmi kegiatan bimbingan manasik haji massal bagi para Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sarolangun tahun 1444 Hijriyah/2023 Masehi, Minggu (28/05/2023) di aula gedung Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu Kantor Kemenag Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Para Staf Ahli Bupati Sarolangun, Kasatpol PP Drs Muhammad Idrus, Kadis Perkim Drs Tarmizi, Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Kabid IKP Diskominfo Sarolangun Muhammad Iqbal, Para Kepala KUA Kecamatan, Para Kepala Madrasah, Petugas Kesehatan, Pendamping Haji Kabupaten Sarolangun serta ratusan JCH Kabupaten Sarolangun.

Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) Sarolangun

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan bahwa hingga saat ini persiapan keberangkatan haji Kabupaten Sarolangun sudah mencapai 99 persen, dengan jumlah JCH ada sebanyak 197 orang terdiri dari 84 JCH Laki-laki dan 114 jch perempuan. Sebelumnya, para jamaah calon haji sudah dilakukan manasik haji secara berkelompok di tiap kecamatan melalui yayasan KBIH Sarolangun.

Untuk perkecamatan, JCH yang berasal dari kecamatan Sarolangun ada 61 orang, 6 orang dari Kecamatan Pauh, 5 orang dari Kecamatan Mandiangin, 38 orang dari kecamatan Pelawan, 10 orang Kecamatan Limun, 9 orang dari Kecamatan Batang Asai, 29 orang dari Kecamatan Bathin VIII, 12 orang dari Kecamatan Air Hitam, 25 orang dari kecamatan Singkut dan 2 orang dari kecamatan cermin Nan Gedang

” Ini adalah pelaksanaan manasik haji secara massal, yang sebelumnya lebih kurang tiga bulan itu setiap Minggu dilaksanakan manasik haji oleh yayasan KBIH. Setelah ini masih ada lagi manasik haji kelompok melalui perkecamatan, ini adalah kewajiban bagi kami untuk melaksanakan kegiatan manasik haji,” katanya.

Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag

M Syatar juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan manasik haji massal ini, para jamaah akan diberikan pembekalan berupa bimbingan dari para narasumber untuk dapat lebih memahami tata cara serta persiapan pelaksanaan ibadah haji sehingga nantinya pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik.

” Setelah kegiatan ini nanti akan dilaksanakan kegiatan Walimatussafar di rumah dinas Bupati Sarolangun sebelum keberangkatan JCH Sarolangun ke asrama haji pada tanggal 08 Juni 2023,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan seluruh masyarakat Sarolangun mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu para Jamaah Calon Haji yang saat ini mendapatkan kesempatan memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Menurutnya, ibadah Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima, yang tentunya sebagai umat muslim kita patut bersyukur bisa menunaikan ibadah haji tersebut.

” Pelaksanaan ibadah haji ini bagi yang mampu. Mudah-mudahan tahun depan bagi jch yang tidak bisa berangkat ini atau menunda keberangkatan bisa diberangkatkan tahun depan,” katanya.

Melalui kegiatan manasik haji secara massal, Bachril Bakri pun memberikan tips serta arahan kepada para jamaah untuk bisa survive melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Diantaranya, Pertama, para jamaah nantinya dapat mematuhi segala aturan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci, ikuti saja bimbingan dan arahan serta jangan lupa tanda pengenal jamaah haji yang diberikan oleh penyelenggara haji.

Kedua, para jamaah haji agar melakukan seluruh ibadah dengan aturan-aturan yang telah diperintahkan agama dengan melaksanakan secara baik. Ketiga, Jamaah haji perlu mengingat bahwa suhu panas di tanah suci juga cukup tinggi, sehingga haruslah pandai mengatur pola minum agar pelaksanaan ibadah tetap lancar, dan keempat agar para jamaah calon haji selalu ingat nama kloter keberangkatan, bahwa untuk jch Sarolangun berangkat melalui kloter 20 Embarkasi batam, dan jadi ingat 20 Indonesia, Jambi, Sarolangun.

” Pada kegiatan ini tentu akan dilaksanakan pelatihan-pelatihan dari para narasumber dari Kementrian Agama, nanti akan ada praktek Tawaf, Wukuf, Sa’i dan sebagainya. Kalau ada keraguan agar segera ditanyakan, sehingga dapat memahami. Kepada bapak dan ibu sekalian yang mengikuti kegiatan ini, manfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami secara mendalam terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji,” katanya.

Selain itu, Bachril Bakri juga menaruh harapan yang besar para jamaah calon haji bisa membawa nama baik selama pelaksanaan ibadah haji. Nama baik tersebut setidaknya ada tiga jenis, yakni Pertama, membawa nama baik Indonesia dan Presiden Republik Indonesia, Kedua dapat menjaga nama baik Provinsi Jambi dan ketiga dapat menjaga nama baik Kabupaten Sarolangun.

” Perlu diketahui bahwa JCH Sarolangun tahun ini lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki, dan jumlah jch Sarolangun mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 lalu sebesar 68,4 persen karena tahun lalu hanya 117 jch yang diberangkatkan,” katanya.

Di akhir kata sambutan yang penuh tulus itu, PJ Bupati Bachril Bakri pun mengharapkan nantinya para jamaah calon haji Sarolangun dapat mendoakan Kabupaten Sarolangun menjadi lebih maju dan diberkahi oleh Allah SWT.

Serta nantinya para JCH bisa melaksanakan ibadah haji ini dengan baik sampai pulang lagi ke Sarolangun dengan sehat dan selamat, serta menjadi haji yang mabrur.

” Mohon doanya juga kepada pemerintah kabupaten Sarolangun, kami di Sarolangun agar selalu diberikan perlindungan dan kesehatan oleh Allah SWT. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Sarolangun musim haji tahun 1444 Hijriyah/2023 Masehi secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

PJ Bupati Bachril Bakri poto bersama dengan jch tertua dan termuda

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri pun memberikan motivasi kepada para jamaah calon haji serta berpoto bersama yang berlangsung dengan khidmat.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU