Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Bachril Bakri Hadiri Serah Terima Kirab Pemilu 2024 Di Sarolangun

PJ Bupati Bachril Bakri Hadiri Serah Terima Kirab Pemilu 2024 Di Sarolangun

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri dan rombongan saat tiba di lokasi kegiatan kirab pemilu 2024

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghadiri serah terima kirab pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Merangin kepada KPU Kabupaten Sarolangun, Rabu (02/07/2023) di Laman Basamo Sriwijaya Sarolangun.

Kirab pemilu 2024 merupakan kegiatan sosialisasi yang dicanangkan oleh KPU RI untuk mendekatkan pemilu di tengah masyarakat, dalam rangka menindaklanjuti surat edaran KPU RI nomor 2 Tahun 2023 pada tanggal 9 Februari 2023 tentang kirab pemilu tahun 2024, yang akan berlangsung di Kabupaten Sarolangun mulai 02 s.d 09 Agustus 2023 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Anggota KPU Provinsi Jambi Divisi Sosialisasi dan SDM Edison, SE, ME, Sekretaris KPU Provinsi Jambi H Khoirul Bahri Lubis, S.Sos, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, Ketua KPU Kabupaten Merangin Sobirin, S.Sy beserta anggota, Para Komisioner KPU Sarolangun, Serta para pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Sarolangun.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid mengatakan bahwa Kirab Pemilu 2024 ini, sebelum tiba di Kabupaten Sarolangun telah dilaksanakan di Kabupaten Merangin selama tujuh hari, setelah berlangsung di Kabupaten Sarolangun akan dilanjutkan dengan rute ke rejang Lebong, Bengkulu.

” Kirab yang dijalani di Provinsi Jambi, ini titik awalnya dari Banda Aceh, dan di Provinsi Jambi hanya tiga daerah yang dilalui yakni Bungo, Merangin dan Sarolangun, yang semuanya berlangsung selama 7 hari untuk mensosialisasikan pemilu,” katanya.

PJ Bupati Bachril Bakri saat menandatangani deklarasi pemilu 2024

Selama pelaksanaan kirab pemilu ini, kata Mujaddid akan membawa 18 bendera parpol sebagai peserta pemilu ke desa dan kecamatan serta menyampaikan pemilu 2024 kapan dilaksanakan dan sebagainya. Iapun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terlaksananya serah terima kirab pemilu 2024 ini.

” Ini pesta seluruh rakyat Indonesia yang wajib kita sukseskan, pada 14 Februari 2024 nanti kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, dan mari kita tolak golput untuk menentukan arah Indonesia, provinsi Jambi dan Kabupaten Sarolangun.

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa dipilihnya Kabupaten Sarolangun sebagai salah satu daerah persinggahan dalam kirab pemilu 2024 ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sarolangun. Di Provinsi Jambi hanya ada tiga daerah yang dilewati, yakni Kabupaten Bungo, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun.

” Melalui kirab pemilu ini artinya kita harus mampu dalam melaksanakan pemilu serentak 2024 dengan aman, adil dan jujur. Harapan saya tingkat partisipasi pemilu 2024 di Kabupaten Sarolangun meningkat 10 persen dari pemilu sebelumnya,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa tujuan kirab pemilu ini tentu dalam rangka sosialisasi dan memberikan pendidikan pemilihan bagi masyarakat dan pemilih pemula agar partisipasi pemilu dapat meningkatkan.

Kirab pemilu mengidentifikasikan kepada bahwa pemilu sudah dekat maka diharapkan seluruh stake holder untuk dapat bersinergi dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang.

” Pemilu itu sebagai alat untuk menentukan nasib dan arah bangsa kita kedepan, jadi penting suara dari seluruh masyarakat. Saya berharap selama kirab pemilu agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi mensukseskan kirab pemilu ini, baik dari kecamatan hingga ke desa-desa, sehingga pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Ia juga menjelaskan bahwa ada 4 indikator keberhasilan pemilu ini, diantaranya Pertama Pemilu dapat berlangsung aman dan lancar sesuai dengan aturan berlaku. Kedua, partisipasi pemilih yang tinggi. Ketiga Tidak terjadi konflik yang dapat merusak Persatuan dan kesatuan bangsa. Keempat, Pemerintahan yang ada tetap berjalan dengan lancar.

” Ada beberapa kerawanan yang perlu diantisipasi, diantaranya Pertama, Kerawanan penetapan DPT. Kedua, Distribusi logistik. Ketiga, Masa Kampanye Keempat, Masa Tenang. Kelima,Masa rekapitulasi dan penghitungan suara,” katanya.

” Di Kabupaten Sarolangun ada sebanyak Jumlah pemilih sebanyak  209.632 orang, terdiri dari 105.925 orang laki-laki dan  103.707 orang Perempuan, dengan jumlah 856 TPS dari 158 Desa dan Kelurahan,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri juga tidak lupa mengajak seluruh lapisan masyarakat Sarolangun agar datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dalam rangka menggunakan hak pilihnya.

Kepada penyelenggara pemilu, pihak keamanan untuk mengajak bersama melaksanakan pemilu dengan aman, adil dan jujur sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas, serta khusus kepada ASN, saya tekankan untuk dapat menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

” Pemkab Sarolangun telah memberikan dukungan penuh terhadap KPU dan Bawaslu Kabupaten Sarolangun untuk mensukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkompinda Sarolangun, Ketua KPU Sarolangun, Ketua Bawaslu Sarolangun dan para pimpinan Partai Politik juga menandatangani deklarasi Pemilu 2024, dan diakhiri dengan penyerahan bendera petaka kirab pemilu 2024 dan pelepasan balon kirab pemilu yang berjalan dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU