Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Henrizal Tinjau Kegiatan PKW Tekun Tenun Di Kelurahan Dusun Sarolangun

PJ Bupati Henrizal Tinjau Kegiatan PKW Tekun Tenun Di Kelurahan Dusun Sarolangun

 

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, beserta ibu Ny Harvedrida dan kepala OPD saat memberikan motivasi bagi anak-anak muda yang ikut PKW Tekun Tenun Indonesia

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM melakukan peninjauan pelaksanaan kegiatan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tekun tenun Indonesia tahun 2022 yang berlangsung di Kelurahan Dusun Sarolangun, Jumat (18/11/2022).

Turut mendampingi, Ketua PKK Kabupaten Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal, Kadis Kominfo Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Kadis UMKM, Perindagkop Trianto, S.Ip, ME, Kabag Prokopim Sulaiman, SE, Kabid Industri Imron, S.STP, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM beserta ibu Ny Ita Bustra Desman, Lurah Dusun Sarolangun Muhammad Dasuki, SE, Instruktur atau pelatih tenun dan pilihan Peserta kegiatan.

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Indonesia tahun 2022, sudah berjalan sejak pertengahan bulan Oktober 2022 yang lalu. Kabupaten Sarolangun menjadi salah daerah yang mengikuti program tersebut.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa ada 20 anak-anak muda Sarolangun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, yang diberikan ilmu teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

” Kain songket khas Sarolangun ini dulu agak tinggi, kita harapkan kedepan anak-anak muda kita ini dapat meneruskan potensi lokal dan mengangkat kembali kerajinan tenun di Sarolangun bangkit kembali lagi dengan mengangkat potensi dan ciri khas Sarolangun, jangan berhenti sampai disini,” katanya.

PJ Bupati Henrizal bersama ibu Ny Harvedrida saat menjajaki hasil karya tenun kain dari peserta PKW Tekun Tenun Di Kelurahan Dusun

Untuk program ini, pemerintah Kabupaten Sarolangun bekerja sama dengan tenaga fungsional yang memang mahir dan punya nilai bakat seni dalam melatih anak-anak muda Sarolangun. Serta juga atas bantuan dari Direktorat Kursus dan Pelatihan-Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, serta Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda Kabupaten Sarolangun.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Henrizal didampingi ibu juga turut melihat langsung hasil karya anak-anak muda dalam menenun kain yang ternyata cukup memuaskan dengan corak kain tenun yang layak dan mantap.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments