Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Henrizal Tinjau Kondisi Jalan Rusak Parah Berlumpur Sepanjang 14 Kilo...

Pj Bupati Henrizal Tinjau Kondisi Jalan Rusak Parah Berlumpur Sepanjang 14 Kilo Meter Menuju Desa Kasang Melintang

 

Kendaraan dinas Bupati BH 1 S saat berjibaku melewati jalan berlumpur menuju desa Kasang melintang

KABAR SAROLANGUN – Mendengar adanya keluhan masyarakat Desa Kasang Melintang, Kecamatan Pauh, terkait akses jalan Poros antar desa dari Desa Lubuk Kepayang menuju Desa Kasang Melintang, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, langsung turun ke lokasi meninjau langsung kondisi jalan yang sudah rusak parah dan lumpuh total, Minggu (08/01/2023).

Dari pantauan dilapangan, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal bersama Penjabat Ketua PKK Sarolangun Ny Harvedrida, didampingi Kabid Sarpras Bappeda Sarolangun Bahder Johan, Kabid Pendanaan Bappeda Sarolangun Muhammad Ikhsan, tiba di desa lubuk kepayang sekitar pukul 13.30 wib.

Tampak kedatangan Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, disambut langsung Kepala Desa Kasang Melintang Sarul beserta jajaran, untuk kemudian berangkat menuju Desa Kasang Melintang melintasi jalan yang rusak parah sepanjang 14 Kilo Meter.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal turun dari mobil dinasnya dan kemudian menaiki kendaraan sepeda motor trail yang disiapkan oleh Pemerintah Desa.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal saat melintasi jalan berlumpur menggunakan sepeda motor trail menuju desa kasang melintang

Dengan semangat juang yang tinggi dan tak kenal lelah, meski jalan yang berlumpur dan berlobang tidak menurunkan nyali pejabat nomor satu di Kabupaten Sarolangun itu, untuk melintasi jalan tersebut hingga sampai ke desa Kasang Melintang.

Beruntung saat itu cuaca agak mendukung dan tidak turun hujan sehingga Penjabat Bupati Sarolangun beserta rombongan melintasi jalan menuju desa kasang melintang tetap lancar.

Meskipun begitu, jalan yang rusak parah tetap sulit untuk dilewati khususnya kendaraan roda empat meski sudah double gardan khususnya di 14 titik jalan yang rusak parah dan panjang, seperti kendaraan dinas Bupati Sarolangun BH 1 S dan Mobil Patwal yang digunakan menuju desa kasang melintang.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM beserta rombongan tiba di Desa Kasang Melintang sekitar pukul 15.30 wib, artinya dengan jarak 14 kilo meter jalan dari desa Lubuk Kepayang hingga Desa Kasang Melintang membutuhkan waktu perjalanan selama 2 jam perjalanan.

Kepada awak media, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa sudah enam bulan terakhir ini masyarakat desa Kasang Melintang tidak bisa melewati jalan tersebut dengan kendaraan umum baik roda dua maupun roda empat.

” Tadi saya berangkat dari Sarolangun itu sekitar pukul 11.30 wib dan kita sampai di Kasang Melintang pukul 15.30 wib, artinya ada butuh waktu 4 jam kita dalam perjalanan menuju desa Kasang Melintang ini,” katanya.

” Kalau di hitung kilo meter hanya 14 kilo meter tapi kondisi jalannya sangat luar biasa, rusak parah. Kondisi jalan ini kita lihat tepatnya harusnya jalan untuk kendaraan off road bukan untuk jalan akses bagi masyarakat karena memang kondisinya sudah berlumpur dan berlobang yang sangat parah,” kata dia menambahkan.

Penjabat Bupati Henrizal, bersama Kades Kasang Melintang Sarul saat mengecek kondisi jalan berlumpur dan berlobang

Ia mengaku setelah melihat langsung kondisi jalan tersebut, dalam waktu dekat akan memanggil dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Bappeda Sarolangun serta OPD terkait untuk membahas solusi dari kondisi jalan menuju desa Kasang melintang ini.

” Kita bahas bersama seperti apa kita lakukan jalan ini karena memerlukan perencanaan yang matang sekali. Kondisi lumpuh total tidak bisa dilalui kendaraan roda empat ini sudah enam bulan lamanya,” katanya.

Akibat kondisi jalan yang rusak parah ini, tentu mengakibatkan masyarakat setempat mengalami kesulitan untuk menuju ibu kota kecamatan dan Kota Sarolangun serta membawa hasil perkebunan, masyarakat harus memutar kendaraannya melewati jalan perusahaan menuju desa baru kecamatan Air Hitam, atau melewati Desa Pangkal Bulian menuju Sarolangun.

” Ada jalan alternatif melalui jalan perusahaan menuju desa baru kecamatan air hitam, tapi jaraknya cukup jauh dan dibatasi sampai jam 5 sore. Artinya masyarakat sudah luar biasa merasakan jalan ini berbulan-bulan dengan kondisi rusak parah, dan saya baru kali ini pada hari ini,” katanya.

Henrizal juga menyebutkan bahwa kedepan akan dicari solusi terbaiknya bagaimana akses jalan ini paling tidak bisa dilewati masyarakat dengan lancar. Sebab ini tentu sudah sangat mendesak bagi masyarakat dengan jumlah lebih kurang 400 KK, sebagai jalan poros satu-satunya yang dekat menuju ibu kota kecamatan dan Kota Sarolangun.

” Pada tahun 2023 ini kita ada anggaran lebih kurang Rp 1,3 miliar untuk perbaikan jalan ini melalui dana pemeliharaan lah tapi saya pikir anggaran itu tidak akan cukup, namun kita akan coba melalui dana itu paling tidak bisa dilalui masyarakat, dan untuk jangka panjang tentu ini memerlukan dana yang cukup besar,” katanya.

Pj Bupati Henrizal berdiskusi dengan Kepala Desa Kasang Melintang di salah satu titik jalan yang rusak parah

Setelah tiba di Desa Kasang Melintang, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal beserta rombongan beristirahat di Rumah Kepala Desa Kasang Melintang dan kemudian pulang menuju Sarolangun melalui jalan alternatif yang digunakan masyarakat lewat jalan perusahaan yang tembus ke Desa Baru Kecamatan Air Hitam.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments