Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Beri Kuliah Umum Di Kampus STAI Darul...

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Beri Kuliah Umum Di Kampus STAI Darul Ulum Sarolangun

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memberikan kuliah umum di STAI Darul Ulum Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, memberikan mata kuliah umum bagi para mahasiswa dan jajaran civitas akademika di Kampus STAI Darul ‘Ulum Sarolangun, Sabtu (16/09/2023) yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

Kedatangan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri ke kampus yang beralamatkan Desa Tanjung, Kecamatan Bathin VIII itu disambut oleh Ketua Yayasan STAI Darul Ulum Sarolangun Drs M. Saman Kamaludin, M.Pd.I, Ketua STAI Darul Ulum Sarolangun Dr Mawardi, M.Pd.I, beserta jajaran para dosen, dan para mahasiswa STAI Darul ‘Ulum Sarolangun.

Tampak sejumlah pejabat juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Sekretaris Disdikbud Sarolangun Zulhitmi, M.Pd.I, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Camat Bathin VIII Aryo L Fajrin, S.STP, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan kuliah umum tersebut dilakukan menjelang kegiatan perkuliahan tahun akademik 2023/2024 di Kampus STAI Darul Ulum Sarolangun.

Pada kesempatan itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri memberikan kuliah umum dengan pemaparan materi “Peran Pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Sarolangun dalam era industri 5.0”.

Dikatakan Pejabat Eselon II di Kemendagri itu bahwa Pemerintah pada prinsipnya memiliki fungsi untuk melaksanakan pelayanan dengan cara berkeadilan, melaksanakan program pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, melaksanakan program pemberdayaan untuk mewujudkan kemandirian dan sebagai pengaturan untuk menciptakan kondisi yang aman, tertib dan nyaman.

” Pelayanan publik juga bagian dari fungsi pelayanan Pemerintah dengan konsep lebih cepat, lebih pintar, lebih murah, lebih mudah dan lebih baik,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa pemerintah juga berupaya dalam memajukan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia, namun kewenangannya telah diatur antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten sebagaimana amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ketua STAI Darul Ulum Sarolangun Mawardi memberikan plakat kepada Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Sementara dalam era industri 5.0, kata Bachril Bakri juga harus dapat dipahami dengan baik sebab konsep tersebut merupakan konsep yang berfokus pada penggabungan antara tekhnologi dengan manusia serta kebutuhan untuk mengembangkan  sistem yang lebih adaftif dan responsif terhadap perubahan dalam lingkungan produksi.

” Secara keseluruhan revolusi industri 5.0 diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi industri, pelanggan, pekerja ,dan masyarakat pada umumnya, seperti meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kemanan produksi serta menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi dampak lingkungan yang negatif,” katanya.

Selain itu dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing menuju Indonesia emas 2045 sebagaimana arahan Presiden RI Ir Joko Widodo, pentingnya peningkatan kualitas pendidikan.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga saat ini berupaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, terdidik, sehat, agamis, dan berperan dalam pembangunan dan kesetaraan gender dengan tujuan untuk meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat Sarolangun.

” Upayanya tentu dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kesejahteraan , kompetitif dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan SD dan SMP, dan pemberian berbagai jenis beasiswa sesuai tujuan masyarakat untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU